Kegiatan Koordinasi dan Sinkronisasi Perencanaan Kehutanan Provinsi Sumatera Barat

Kehutanan () 25 Februari 2017 12:20:34 WIB


Dalam rangka perencanaan pembangunan kehutanan tahun 2018, Dinas Kehutanan Provinsi Sumbar melakukan Kegiatan Koordinasi dan Sinkronisasi Perencanaan Kehutanan. Kegiatan ini dilaksanakan bersama-sama dengan Koordinator Wilayah Dinas Kehutanan dan Bappeda Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat dan mengundang Kepala Desa / Nagari setempat.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengharmonisasikan kegiatan-kegiatan yang ada di setiap Kabupaten/Kota yang ada di Sumbar dan disesuaikan dengan RPJMD Provinsi Sumatera Barat. Dimana kegiatan ini mengakomodir seluruh keinginan setiap daerah dalam pelaksanaan pembangunan kehutanan yang disesuaikan dengan Program dan Prioritas Nasional.

Hasil kegiatan tersebut adalah berupa rencana-rencana kegiatan yang disesuaikan dengan program prioritas nasional. Adapun kegiatan Prioritas Kehutanan adalah Rehabilitasi dan Perluasan Jaringan Irigasi, Rehabilitasi Das Hulu, Pembangunan Waduk, dan Embung/Dam Parit, Jaminan Ketersediaan dan Kualitas Bahan Baku Industri Hasil Hutan, Melakukan Review Terhadap Hak/Ijin Usaha Serta Merubah Tata Batas Kawasan Hutan Untuk Rakyat, Identifikasi Kawasan Hutan Yang Akan Dilepas, Publikasi Tata Batas Kawasan Hutan, Penataan Ruang Kawasan Perdesaan, Penetapan dan Pengelolaan SDA (Hutan, Pertanian dan Perikanan), Pemberdayaan Masyarakat Untuk Mengelola Hutan Berdasarkan Kemitraan Dengan Kesatuan Pengelolaan Hutan, dan Penyediaan Kelembagaan dan Pembiayaan Pelaksanaa PPerhutanan Sosial.