Sumatera Barat Expo 2016, Ajang Promosi Potensi Unggulan Daerah

Artikel () 29 November 2016 13:35:49 WIB


Sumatera Barat Expo 2016, Ajang Promosi Potensi Unggulan Daerah

Oleh : Teguh Gunung Anggun

 

Dalam rangka mempromosikan potensi Sumatera Barat di Indonesia dan mancanegara, Pemerintah Propinsi Sumatera Barat mengagas sebuah event tahunan, yaitu Sumatera Barat Expo yang tahun ini diselenggarakan di Bandung tepatnya di Cikapundung River Spot, selama 4 (empat) hari, 24 – 27 November 2016.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, di dampingi Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad heryawan, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, Ketua Penghimpunan Keluarga Minang (PKM) Drs. H. Asril Das dan Kepala Kantor Penghubung Sumatera Barat di Jakarta, Drs. Luhur Budiana menabuh gendang tanda dimulainya Sumatera Barat Expo 2016, bertempat di Hotel Grand Pranger jl. Asia Afrika Bandung,(24/11).

Turut hadir Bupati/Walikota se – Sumatera Barat, Direktur Utama Bank Nagari, Komisaris PT. Semen Padang, Ketua Penghimpunan Keluarga Minang (PKM )Jawa Barat, serta Ketua Ikatan Keluarga Lenggayang (IKWAL) Bandung, Faisal Kampai.

Kepala Kantor Penghubung Sumatera Barat di Jakarta, Drs Luhut Budiana mengatakan Sumbar Expo 2016 di Bandung mengambil tema “ West Sumatera : Unique In Diversity” yang akan menitik beratkan kepada ke unikan dan potensi unggulan yang merupakan persembahan dari Propinsi Sumatera Barat kepada Indonesia dan juga dunia.

Sumatera Barat Expo ini merupakan event tahunan yang sudah berjalan semenjak 2011. Pada tahun 2011 – 2013 di Bali, sekarang ini diselenggarakan di Bandung. Maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini adalah sebagai upaya mempromosikan potensi unggulan Sumatera Barat yang terdiri dari 3 (tiga) sektor, yaitu : Pariwisata, Industri Perdagangan dan UMKM. Ketiga sektor ini diharapkan dapat memperluas pasar dan juga meraih calaon investor dan mitra bisnis untuk kemajuan Propinsi Sumatera Barat.

Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan mengucapkan selamat datang warga Minang di Jawa Barat. Apalagi saya sudah dianggap sebagai mamak warga Minang yang berada di Jawa Barat. Dan tentu saya berharap warga Jawa Barat yang berada di Sumatera Barat dapat memberikan kebaikan dan manfaat bagi warga disana, seperti kata pepatah Minang, Dimana Bumi Dipijak, Distu Langit Dijunjung, kata Heryawan.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, mengatakan bahwa Sumatera Barat Expo 2016 diadakan di Bandung, karena sektor pariwisata dan kulliner Jawa Barat ada kesamaan dengan pasar Sumatera Barat. Kota Bandung dipilih sebagai tempat pelaksanaan Sumatera Barat Expo 2016, karena dari sisi UMKM Bandung terkenal sebagai salah satu pusat inovasi dan kreativitas yang tinggi di Indonesia, ungkap Irwan.

“ Selain itu dari sisi wisatawan domestik Kota Bandung pun memiliki potensi yang tinggi untuk dapat bekerja sama dan menjalin networking dengan peserta di Sumatera Barat Expo 2016, adalah perwakilan negara sahabat di Bandung, atase ekonomi dan investasi negara – negara sahabat di Indonesia, lembaga ekonomi fdan invenstasi asing di Indonesia”, harap Gubernur Sumbar.

Peserta yang hadir dalam Sumatera Barat Expo ini terdiri dari pemenang daerah, BUMN, atau BUMD, UMKM Binaan Sumatera Barat, serta masyarakat luas pada umumnya. Adapun pengunjung yang hadir dalam acara tersebut, antara lain dari perwakilan negara sahabat, pelaku ekonomi nasional, dan seluruh masyarakat Bandung serta wisatawan mancanegara.

Di tempat yang sama, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan yang akrab disapa Aher, sangat menyambut baik terselenggaranya acara tersebut. Ia pun menyampaikan ucapan terima kasih, kepada Sumatera Barat yang telah melansungkan Sumatera Barat Expo 2016 di Jawa Barat, semoga bisa memberikan nilai positif dan keuntungan bagi masyarakat Jawa Barat dan masyarakat Minang sendiri khusunya yang ada di Jawa Barat.

Bersamaan dengan temu wira usaha dan Travelment di Hotel Grand Pangher yang masuk dalam rangkaian kegiatan Sumatera Barat Expo 2016, akan juga diadakan Pertemuan Perantau Minang terkait dengan keusahaan. (TGA).