Diskusi Kehumasan DPRD Sumbar Bahas Efektifitas Pemanfaatan Media Massa

Diskusi Kehumasan DPRD Sumbar Bahas Efektifitas Pemanfaatan Media Massa

Berita Utama DENY SURYANI, S.IP(Sekretariat DPRD Prov. Sumbar) 24 November 2016 09:20:41 WIB


PADANG - Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat menggelar diskusi kehumasan DPRD se- Sumatera Barat, Selasa (22/11). Diskusi kali ini mmembahas efektifitas pemanfaatan media publik dalam menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi humas.

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim membuka diskusi tersebut menegaskan, pemanfaatan media publik atau media massa dalam penyampaian informasi dalam kondisi dewasa ini sudah merupakan keniscayaan. Hubungan Masyarakat atau Humas merupakan sebuah bagian penting dalam suatu organisasi sebagai penyampai informasi kepada masyarakat luas terhadap kegiatan organisasi tersebut.

DPRD sendiri, kata Hendra, sangat membutuhkan media publik dalam rangka menyampaikan berbagai informasi, program dan kegiatan yang dilaksanakan. Untuk itu, bidang atau bagian Humas di DPRD merupakan instrumen penting untuk tercapainya tujuan penyampaian informasi dimaksud.

"Untuk itu, peran media massa dirasakan sangat penting dalam menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi humas sehingga pemanfaatan media dalam menunjang pelaksanaannya merupakan hal yang sangat penting," kata Hendra.

Bagian Humas di sekretariat DPRD, baik di Provinsi maupun kabupaten dan kota diharapkan dapat menjalin kerjasama yang baik dengan media massa. Sebaliknya, dari media massa pun ia berharap tetap berpegang kepada independensi dan keberimbangan dalam menyampaikan informasi.

Diskusi tersebut menghadirkan narasumber antara lain Sunaryo, Direktur Pengelolaan Media Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Imam Wahyudi dari Dewan Pers, Profesor Asrinaldi dan Profesor Mestika Zed dari Akademisi dan Aristo Munandar, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Barat. (padangmedia.com)