Penutupan TMMD/N Ke 96 Tahun 2016 di Pasaman

Penutupan TMMD/N Ke 96 Tahun 2016 di Pasaman

Kegiatan Strategis () 16 Juni 2016 10:27:09 WIB


Dan­rem 032 Wirabraja Padang, Brigjen TNI Bakti Agus Padjari, resmi menutup pelaksanaan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-96 Kodim 0305/Pasaman, Rabu (1/6).

Penutupan TMMD itu diha­diri Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama, pejabat Forkompimda, para Danramil, Polri, BPBD, dan elemen masyarakat. Acara TMMD di Kejorongan Sibin­tayan sudah berlangsung selama satu bulan. Dibuka oleh Bupati Pasaman Yusuf Lubis, pada 3 Mei lalu.

Danrem 032 Wirabraja, Brigjen TNI, Bakti Agus Fadjari mengatakan lebih kurang satu bulan para prajurit TNI, bersama pemerintah daerah serta komponen masyarakat melaksanakan program TMMD ke-96 di Jorong Sibintayan, Nagari Muaro Tais ini. "Dengan semangat kegotong-royongan, dan kemanunggalan kita dapat melaksanakan kegiatan program TMMD di wilayah Kodim 0305 Pasaman ini," ujarnya. Ia berharap dengan selesainya program TMMD ini, ke depan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.

 Danrem mengucapkan terima kasih, kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu baik secara moril maupun materil sehingga pelaksanaan TMMD ke-96 Tahun 2016 ini terlaksana dengan baik. Ia menyebutkan, program TMMD telah dimulai sejak Tahun 1980, dengan sebutan program Abri Masuk Desa (AMD). Sebagai evaluasi penyempurnaan hingga saat ini program TMMD sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

Danrem juga menegaskan, keterlibatan TNI dalam membangun di suatu daerah sangatlah dibutuhkan. Dalam program TMMD 2016 ini, sebanyak 33 sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar di berbagai wilayah Kodam di seluruh Indonesia serta sasaran kegiatan non fisik telah tercapai 100 persen. Selain itu, sebagai tindak lanjut dari program TMMD ini, ia meminta kepada masyarakat agar selalu memelihara kebersamaan dengan gotong royong, pelihara hasil kegiatan TMMD sehingga bisa dimanfaatkan dalam waktu yang lama, lakukan evaluasi kegiatan TMMD secara menyeluruh untuk perbaikan masa yang akan datang, "Semoga hasil kegiatan TMMD ini bermanfaat bagi masyarakat Jorong Sibintayan, sehingga dengan adanya program ini kesejahteraan rakyat dan perekonomian masyarakat lebih meningkatkan dimasa yang akan datang," tandasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama menga­takan, TMMD merupakan ker­jasama antara TNI dengan rak­yat.

TNI dan rakyat saling beker­jasama dalam kegiatan TMMD ini yang sumber dananya ber­sumber dari APBD Pasaman sebesar Rp1,5 miliar.

“Kemanunggalan TNI de­ngan rakyat inilah yang harus tetap kita jaga dan pelihara, sebagai salah satu sarana men­jaga kemanunggalan TNI de­ngan rakyat, perlu dibentuk suatu kegiatan yang dilak­sana­kan secara bersama-sama antara TNI dan rakyat serta seluruh komponen masyarakat lainnya,” kata Atos Pratama. 

Sesuai dengan substansi tujuan TMMD yakni kema­nunggalan TNI dan rakyat, program ini tidak hanya meli­batkan TNI saja, juga meli­batkan segenap komponen ma­syarakat lainnya, baik unsur pemerintah daerah maupun instansi non pemerintah ber­sama masyarakat.