Pembukaan TMMD/N Ke 96 Tahun 2016 di Tanah Datar

Pembukaan TMMD/N Ke 96 Tahun 2016 di Tanah Datar

Kegiatan Strategis () 09 Mei 2016 15:29:20 WIB


Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno membuka secara langsung kegiatan TMMD ke 96 Tahun 2016 yang pelaksanaannya dipusatkan di lapangan sepak bola Salimpaung, Selasa (3/5).

Pembukaan upacara tersebut juga dihadiri oleh Danrem 032 Wirabraja, Kepala Kejaksaan Tinggi Prov.Sumbar, Kasat Pol PP Prov.Sumbar, Bupati Kab.Tanah Datar, Wakil Bupati Kab.Sijunjung, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Prov.Sumbar, Kepala Biro Humas Prov.Sumbar, serta unsur Forkopimda Prov dan Kab.Tanah Datar.

Kegiatan TMMD/N kali ini mengambil tema: "Dengan Semangat Kemanunggalan TNI, Kerjasama Lintas Sektoral & Lintas Komponen Bangsa, Kita wujudkan Percepatan Desa Membangun Indonesia Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat."

Dalam sambutannya, Irwan Praytino mengatakan, karena kegiatan ini termasuk besar di jajaran TNI, ia berharap kepada masyarakat untuk dapat membantu manunggal TNI ini agar betul-betul menjadi moment untuk membangun nagari bersama masyarakat, berharap secara total. Sehingga kegiatan tersebut bisa membuahkan hasil yang maksimal secara cepat dan tepat kegiatan tentara manunggal membangun nagari tersebut jangan hanya mengandalkan tenaga TNI/Polri, tapi harus melibatkan masyarakat.

Gubernur Sumbar juga mengatakan,"Dibangunnya akses jalan bagi masyarakat merupakan suatu hal penting untuk mendukung kelancaran transportasi, sehingga dampaknya sangat berpengaruh pada kehidupan perekonomian dan terbukanya akses suatu wilayah yang berpengaruh pada terhidarnya kesenjangan."

Sementara itu Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi mengakui kiprah dari Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Arm. Bagus Tri Kuntjoro diberbagai kegiatan di Kabupaten Tanah Datar. "Dan saya memberikan apresiasi dengan peran aktif dari Kodim 0307 Tanah Datar, kemudian TMMD ini juga sangat membantu kemajuan di Nagari Salimpaung yang dikenal dengan sentra sayur dan ternak kambing.”

Sementara itu Dandim 0307 Tanah Datar, Bagus Tri Kuntjoro, dalam laporannya menyebutkan, Sasaran pada TMMD ke 96 ini mencakup sasaran fisik dan non fisik, dan sasaran fisik meliputi pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 3400 meter di jorong Nan duo suku Nagari Salimpaung, kemudian pembuatan saluran irigasi sepanjang 980 meter di Jorong nan Duo Suku juga Nagari Salimpaung. "Selanjutnya kita merehab 13 unit rumah tidak layak huni yang masing-masing 4 unit di Nagari Salimpaung, 5 unit di Supayang dan 4 lagi di Nagari Lawang Mandahiling, selain itu kita juga merehab 2 unit mushalla di Nagari Salimpaung dan 2 unit MCK juga di Nagari Salimpaung."

Adapun sasaran non fisik lanjut Dandim Bagus, meliputi penyuluhan kesadaran berbangsa dan bernegara yang akan disampaikan olehnya sendiri yakni Dandim 0307 Letkol Arm, Bagus Tri Kuntjoro, penyuluhan dan bimbingan perkoperasian, pemberian bantuan dan dana bergulir pada usaha kecil dan sosialisasi UU nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen oleh Kadis Koperindagpastam.

Pada TMMD Ke 96 Tahun 2016 ini lanjut Dandim Bagus, akan melibatkan 150 personil yang terdiri dari Dan Satgas 1 orang, Wadan Satgas 1 orang, dan 13 orag Staf Satgas, kemudian Tim Asistensi atau Penyuluh dari Kodim 0307 Tanah Datar 2 orang, 2 orang dari Polres Tanah Datar, 1 orang dari Denzibang Padang, dan 20 orang dari Pemkab Tanah Datar. "Selanjutnya Personil satuan setingkat Kompi yakni 11 orang dari Personil  Kodim 0307 Tanah Datar, 60 orang dari Pers Yonif 131/Brs, 20 orang dari Denzipur 2/PS, 3 orang dari Denzibang Padang, 3 orang dari Denkesyah 01,04,04, 5 orang dari TNI AU, 5 orang dari TNI AL, dan 2 orang dari Denpom serta 1 orang dari Denhub."