Petugas PIP Sumbar Bertabur Prestasi

Petugas PIP Sumbar Bertabur Prestasi

Pertanian RASMUNALDI, ST(Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan) 30 April 2016 11:37:54 WIB


Dalam Pertemuan Koordinasi Nasional Pelayanan Informasi Pasar Hortikultura di Semarang 27 s.d 29 April 2016 Petugas Pelayanan Informasi Pasar (PPIP) Sumbar menyabet beberapa gelar. Untuk tingkat provinsi Sumbar memperoleh rangking 2 Nasional. Sementara untuk Kabupaten/Kota, Kabupaten Solok memperoleh peringkat satu, Tanah Datar tiga dan Agam peringkat 6 nasional. Secara umum Sumbar memperoleh juara umum dalam pelayanan informasi pasar untuk komoditi hortikultura.
di Sumbar sendiri terdapat 26 orang petugas PIP di 13 Kabupaten/Kota. dimana 13 orang Petugas PIP untuk komoditi hortikultura dan 13 orang untuk komoditi Pangan. Adapun Kabupaten/Kota tersebut yaitu : Agam, Tanah datar, Kabupaten Solok, Payakumbuh, Bukittinggi, Padang Panjang, Pasaman, Pasaman Barat, Lima Puluh Kota, Padang Pariaman, Solok Selatan, Padang dan Sijunjung. Mereka bertugas mencatat harga pasar di tingkat produsen/petani dan konsumen/eceran dari berbagai pasar di Kabupaten/Kota masing-masing. Pencatatan tersebut dilakukan pada saat transaksi terbanyak dipasar sesuai dengan kebiasaan pasar tersebut. Bisa jadi subuh, pagi atau sore hari. Pencatatan ini dilakukan setiap hari termasuk Sabtu dan Minggu. Petugas kemudian menyampaikan harga tersebut melalui aplikasi ke Kementrian Pertanian dan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Sumbar.
Mungkin tak banyak yang mengenal kiprah petugas PIP dilapangan untuk sektor pertanian. Namun apapun itu mereka adalah ujung tombak pertanian dalam menjaga kestabilan harga dan memberikan informasi harga komiditi baik ditingkat produsen ataupun konsumen secara real time. Selamat