PENGEMBANGAN PROMOSI DAN PEMASARAN PRODUK IKM
Artikel BUDI SETIAWAN, ST, M.Si(Dinas Perindustrian dan Perdagangan) 25 April 2016 13:14:22 WIB
PENGEMBANGAN PROMOSI DAN PEMASARAN PRODUK IKM
Saat ini Pelaku IKM belum memahami pentingnya penggunaan Teknologi Informasi (IT) dalam berbisnis terutama dalam mencari pasar baru produk mereka, akibat ketidaksadaran masyarakat Industri kecil terhadap manfaat penggunaan Internet dalam mempromosikan produk IKM, maka pemasaran yang mereka lakukan dari tahun ke tahun sangat terbatas dan baru bersifat Promosi Offline.
Mengamati kondisi ini, Pelaku usaha dalam hal ini Industri Kecil dan Menengah Sumatera Barat akan menghadapi tantangan pasar yang semakin ketat di masa mendatang karena para pesaing lainnya akan terus melakukan perubahan dengan melakukan Promosi produk yang bersifat Online.
Menghadapi tantangan tersebut, Pemerintah dalam hal ini Dinas Perindag. Prov. Sumatera Barat akan mendorong upaya penggunaan Internet dalam berbisnis dan menjaring peluang pasar yang lebih luas melalui kegiatan Pengembangan Promosi dan Pemasaran Produk IKM Sumatera Barat
Tujuan dari Kegatan ini adalah Meningkatkan pemahaman dan pengetahuan peserta tentang Teknolgi Informasi/Internet, agar Pelaku IKM Sumatera Barat mampu dan mahir dalam menggunakan perangkat IT dalam berbisnis secara mandiri dan dapat mempromosikan produk yang dihasilkan dengan buyers dari dalam dan luar negeri
Kegiatan Pengembangan Promosi dan Pemasaran Produk IKM ini dilaksanakan dari tanggal 1 s/d 3Maret 2016 di Hotel Pangeran City Padang, diikuti oleh 25 orang pelaku usaha IKM yang berasal dari 10 Kab/Kota di Sumatera Barat dengan Narasumber/Instruktur sebanyak 2 (dua) orang yang berasal dari Universitas Andalas.