Kadisnakkeswan Sumbar : Pemprov Tetapkan Sentra Ternak Sapi Potong

Kadisnakkeswan Sumbar : Pemprov Tetapkan Sentra Ternak Sapi Potong

Peternakan YUNI ERLITA, S.Pt(Dinas Peternakan & Kesehatan Hewan) 31 Maret 2016 18:03:51 WIB


Pemprov Sumbar menetapkan lima daerah Kabupaten dan Kota untuk dijadikan sebagai sentra penggemukan sapi potong, Tahun 2016 ini kelima daerah itu terdiri dari Kabupaten Agam, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Tanah Datar, Kota Bukittinggi dan Kota Payakumbuh.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat, Drh. Erinaldi, MM mengungkapkan hal tersebut kepada wartawan, ” Program Model Klaster Tri Arga ini merupakan upaya Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para petani ternak sapi potong di Sumatera Barat,” jelasnya.

Dikatakannya, untuk kelancaran upaya tersebut, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berkolaborasi dengan pihak Perbankan dan Asuransi, seperti PT. Bank Nagari, PT. Jasa Asuransi Indonesia (Jasindo) dan PT. Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Sumbar. Diantara tiga lembaga tersebut, PT. Bank Nagari sudah menyatakan kesiapannya untuk menyediakan dana sebesar Rp.100 Miliar.

“Dana tersebut nantinya akan disalurkan kepada para peternak sapi dengan sistem pinjaman (kredit) tanpa agunan. Keuntungan yang diperoleh nantinya juga menggunakan sistem bagi hasil, 70 persen untuk peternak dan 30 persen untuk pemodal (pemberi kredit),” ucap Drh. Erinaldi, MM.

Lebih jauh, Drh. Erinaldi, MM mengaku pihaknya terus mendorong upaya ini kepada para peternak sapi di Sumatera Barat agar dapat menggunakan fasilitas tersebut. Pasalnya, dengan upaya ini, pendapatan para petani peternak sapi akan meningkat antara Rp. 3 juta - Rp. 4 juta perbulan. “Jadi, peternak jangan cemas untuk berinvestasi jadi peternak sapi potong,” ujarnya.

Untuk kelancaran dan kesuksesan program ternak sapi potong ini, Drh. Erinaldi, MM menyebut, pihaknya juga sudah menyiapkan 12 unit rumah potong hewan (RPH) bersertifikat halal di Sumatera Barat. RPH yang berlokasi di beberapa daerah ini, siap menampung ternak sapi para petani yang akan dipotong.

sumber : www.portalberitaeditor.com/kadisnakeswan-sumbar-drh-erinaldi-pemprovt...