Tim UPSUS Pantau Penyaluran Pupuk &Rehab Jaringan Irigasi

Tim UPSUS Pantau  Penyaluran Pupuk &Rehab Jaringan Irigasi

Pertanian RASMUNALDI, ST(Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan) 28 Oktober 2015 23:25:47 WIB


Tim Upsus Sumbar Pajale Sumbar Pantau Langsung Penyaluran Pupuk dan Rehab Jaringan Irigasi

Tak ada kegiatan yang bisa berjalan lancar dan tepat sasaran kalau tidak dilihat langsung ke lapangan. Tampaknya ini yang menjadi prinsip dari Tim Upsus Pajale (Padi, Jagung, Kedelai) Sumatera Barat. Dengan melihat kenyataan   membuat tim mengetahui   berbagai permasalahan yang terjadi di lapangan dan segera mencarikan solusinya.

Baru-baru ini, tim Upsus meninjau langsung penyaluran pupuk gratis bantuan untuk petani yang mendapat kegiatan perbaikan jaringan irigasi. Dipimpin oleh Ketua Tim Upsus Pajale Sumbar Ir. Syafrizal yang juga Kepala Bidang Sarana dan Prasana Dinas Pertanian Tanaman Pangan, ia bersama rombong berkunjung ke kabupaten Solok yang saat itu sedang menyalurkan bantuan pupuk gratis.

Dalam kesempatan itu ia langsung berdialog dengan petani   penerima bantuan pupuk gratis. Kepada petani ia meminta agar segera memanfaatkan pupuk gratis yang telah diberikan tersebut.   Ia meminta agar petani segera melaksanakan penanaman persawahannya.Ia menyatakan keberadaan bantuan pupuk gratis   tujuannya adalah untuk membantu petani   dalam meningkatkan produksi hasil pertanian. Penggunaan pupuk tersebut diharapkan tepat pada waktunya sehingga tanaman padi tumbuh dengan baik.Pada akhirnya, produksi padi dapat meningkat sesuai dengan yang diharapkan pemerintah.

Kepada   perusahaan yang ditunjuk menyalurkan pupuk agar melaksanakan   penyaluran sesuai aturan-aturan yang telah ditetapkan pemerintah terutama dalam memenuhi kelengkapan administrasi sehingga penyaluran berjalan lancar dan secara adiministrasi dapat dipertanggungjawabkan.Selain pemantauan pupuk, kesempatan kelapangan itu juga dimanfaatkan   Tim Upsus Pajale Sumbar melihat realisasi   rehab jaringan irigasi. Kepada penyuluh yang mendampinginya   kelapangan, Syafrizal mengingatkan dalam melaksanakan reha jaringan irigasi yang diprioritas adalah   manfaat dari   rehab jaringan yang ada, bukan bentuk fisik dari   rehab. “Usahakan dalam rehab ini manfaat yang dirasakan oleh petani sebesar-besarnya,” ucap Syafrizal mengingatkan