Program 1000 Desa Mandiri Benih di Sumatera Barat

Pertanian RASMUNALDI, ST(Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan) 25 Juni 2015 03:46:17 WIB


1000desabenihKementrian Pertanian RI tahun 2015 ini meluncurkan kegiatan   1000 desa mandiri benih di Indonesia. Untuk Sumatera Barat, ada 60 kelompok tani yang tersebar di 16 Kabupaten/Kota yang menjadi pelaksana program yang bertujuan untuk mewujudkan kemandirian desa dalam penyedian benih unggul dan bermutu ini.

“18 Kelompok Tani sudah ditetapkan sebagai pelaksana program dan kini sedang tahap pelaksanaan kegiatan, sementara 42 kelompok lagi dalam tahap verifikasi dan sedang pemberkasan, mudah-mudahan Juni ini siap seluruhnya ,” ucap Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Sumbar, Ir. Elviana Anwar saat menjelaskan program 1000 desa Mandiri Benih ini di Padang baru-baru ini.

Menurut Elviana, program 1000 desa mandiri benih adalah salah satu upaya dari pemerintah dalam menyediakan benih unggul dan bermutu oleh kelompok-kelompok tani didesa itu sendiri. Untuk itu, katanya, dalam program tersebut, kelompok-kelompok tani difasilitasi dengan sejumlah bantuan sehingga bisa menghasilkan benih  

“Jangka pendeknya , program ini bisa menyediakan benih sendiri, dalam jangka panjang,   kelompok tani bisa menjadi penangkar,” tambah Elviana.

Ia mengatakan, untuk keberhasilan program, pemerintah menyediakan bantuan sebesar 170 juta rupiah untuk masing-masing kelompok. Bantuan dana itu nantinya dapat dipergunakan untuk   membeli sarana produksi hingga sertifikasi sebesar Rp 25 juta, pengadaan sarana pengolahan dan pengemasan sebesar Rp 45 juta, pembangunan gudang dengan luas minimal 40 m2 sebesar 60 juta dan pembangunan lantai jemur seluas 80 m2 dengan dana sebesasr Rp 40 juta.