Investor china lirik pembangunan jalan tol di Sumatera Barat

Investasi Sumatera Barat AMRIZAL, S.Sos(Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu) 02 April 2015 03:54:21 WIB


Melihat kondisi pertumbuhan prasarana jalan dan pertumbuhan kendaraan yang tidak seimbang maka dibutuhkan terobosan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk melakukan pembangunan jalan tol dari Padang menuju Pakanbaru, panjang jalan yang dibutuhkan hingga perbatasan provinsi sepanjang 198,19 km  yang dilakukan sebanyak 3 tahapan yaitu : 1. Padang s.d Lubuk Alung hingga sicincin, 2 Sicincin s.d Malalak hingga Bukittingg, 3 Bukittinggi s.d Payakumbuh hingga perbatasan provinsi. perkiraan biaya yang dibutuhkan per 1 km kurang lebih 50 milyar.

Rencana Pembangunan jalan tol Sumatera Barat - Riau telah sejak tahun 2009 yang lalu melalui SK Mentri Pekerjaan Umum No.631 tanggal 31 Desember 2009, kemudian ditindaklanjuti 4 Maret 2015 bertempat di Direktorat pengembanan kerjasama pemerintah  - swasta  dan pada kesempatan itu Anhui Foreign Economic Construktion Co Ltd (AFECC) tertarik dan berminat untuk melakukan pengembangan jalan tol di Sumatera Barat.

Kemudian tanggal 12 Maret 2015 dilanjutkan rapat pembahasan diruang rapat BKPM&PPTP Sumatera Barat dengan SKPD terkait guna mendengarkan fisi dan misi yang dibawa investor tersebut dan memberikan informasi dan peluang investasi yang ditawarkan agar investor dapat menanamkan investasinya di Sumatera Barat.

Rapat tersebut dipimpin Kepala BKPM&PPTP Sumbar (Bpk. Ir. Masrul Zein) dan dihadiri oleh 23 orang peserta rapat diantaranya Kepala Prasjal Tarkim Prov Sumbar, Kepala PSDM Prov. Sumbar