Pertemuan Para Pelaku PNPM Mandiri Perdesaan 2015

Pemerintah () 24 Maret 2015 08:19:10 WIB


Pada tanggal 23 Maret 2015 diadakan Pertemuan Para Pelaku PNPM Mandiri Perdesaan 2015 yang bertempat di Hotel Grand Inna Muara, Padang. Dalam sambutannya Gubernur melihat PNPM Mandiri Perdesaan yang ada di kecamatan selama ini sangat berarti sehingga PNPM Mandiri Perdesaan sukses dilaksanakan sekaligus memberikan kontribusi nyata kepada pembangunan di nagari. Sejak 2007 hingga 2014, setidaknya pemerintah mengalokasikan Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) untuk Sumatera Barat sebesar Rp. 1,8 Triliun. Dana ini tersebar di 144 kecamatan pada 12 kabupaten. Gubernur Irwan Prayitno mengatakan dari hal ini, patut kita pahami secara bersama, jika diakumulasikan tergambar, dana semakin besar yang dikelola di tingkat kecamatan maupun nagari.

Menurut Gubernur, kondisi demikian itu tidak tertutup kemungkinan adanya ide dan gagasan negatif dari orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan rekayasa maupun ingin mendapatkan keuntungan dari dana tersebut. Untuk itu, kata gubernur, para pelaku PNPM Mandiri Perdesaan diingatkan kembali agar dapat mengawal pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan sehingga sesuai dengan prinsip dan nilai-nilai dasar manajemen PNPM Mandiri Perdesaan.

Kepala BPM Sumbar Syafrizal menyebutkan PNPM Mandiri Perdesaan berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam menyediakan akses permodalan bagi kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) yang berjumlah 16.251 kelompok. Dari 2007 hingga sekarang perguliran dana SPP mencapai Rp 350 miliar dengan tingkat pengembalian 98 persen. Jumlah saldo SPP di bank sebesar Rp 126 m iliar. Proses transaksi keuangan bagi kelompok SPP juga dipercepat apalagi dengan berperan aktifnya Bank Nagari dalam program ini.