NGO dan Kelompok Masyarakat Malaysia Tertarik Dengan Pola PHBM di Sumatera Barat

Kehutanan () 26 Februari 2015 07:34:24 WIB


Sebanyak sepuluh orang anggota NGO dan Kelompok Masyarakat Sabah Malaysia Timur berkunjung ke Sumatera Barat selama tiga hari untuk melihat dari dekat kegiatan Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM).

Gorden Jhon selaku Pimpinan Rombongan dan juga Ketua NGO PACOSTRUST menjelaskan, dipilihnya Sumatera Barat menjadi daerah sasaran studi banding setelah memperoleh informasi yang cukup banyak tentang perkembangan PHBM di Sumatera Barat pada forum ASFM yang diadakan di Laos dan Kinabalu pada tahun 2013 lalu.

Kami sangat tertarik dan ingin belajar ke Sumatera Barat tentang pengelolaan hutan berbasis masyarakat, kata Gorden Jhon ketika bertatap muka dengan Jajaran Dinas Kehutanan Sumbar Kamis (29/1).

Selama berada di Sumatera Barat, Anggota NGO dan Kelompok Masyarakat Sabah Malaysia mengunjungi salah satu Hutan Nagari di Simancuang Kec. Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan yang didampingi oleh tenaga dari LSM KKI Warsi dan mengadakan pertemuan dengan pihak-pihak terkait dengan PHBM.

Hutan Nagari Simancuang merupakan Hutan Nagari pertama yang dikeluarkan oleh Menteri Kehutanan seluas 650 Ha, telah mendapat Hak Pengelolaan dari Gubernur Sumbar. Sehingga keberadaan Hutan Nagari ini sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat antara lain peningkatan kelestarian lingkungan dan perekonomian masyarakat setempat.

Kadishut Sumbar di wakili Kabid Rehabilitasi Hutan dan Lahan, Bapak Yonefis SH MM, ketika menjamu rombongan Malaysia mengucapkan terimakasih atas kunjungannya dan sekaligus dapat dijadikan sebagai sharing informasi dan pengalaman bagi kedua negara dalam mengelola hutannya.