12 Tips Agar Liburan Aman dan Nyaman

Artikel Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika(Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika) 17 November 2014 17:11:51 WIB


1. Cari Informasi

Sebelum Anda berangkat ke tempat wisata tujuan Anda, akan lebih baik jika Anda mencari informasi tentang tempat wisata yang akan Anda kunjungi tersebut. Banyak media online yang memberikan informasi tentang berbagai macam tempat wisata baik di Indonesia maupun di luar negeri., terutama review tempat wisata dari para Blogger atau Blog Traveller. Cari informasi sedetail mungkin, termasuk info soal budaya, kuliner dan hotel jika harus menginap di tempat tersebut.

2. Biaya Perjalanan

Setelah Anda mendapatkan informasi, sekarang saatnya Anda menyesuaikan biaya perjalanan Anda sesuai budget dan kemampuan Anda. Sebaiknya jangan memaksakan pergi ke tempat wisata yang membutuhkan biaya melebihi budget Anda. Bandingkan setiap alat transportasi dan tempat penginapan untuk mendapatkan harga yang lebih murah namun tetap nyaman.

3. Daftar Kunjungan (Itinerary)

Buat daftar tempat wisata yang akan Anda kunjungi bersama teman atau keluarga, lengkap dengan jam, rute, kegiatan dan alat transport yang harus digunakan. Dengan adanya jadwal kunjungan, liburan Anda akan lebih efektif dan efisien dan terhindar dari waktu yang terbuang percuma.

4. Tiket Promo

Berbagai macam hotel dan pesawat biasanya selalu memberikan tiket promo pada saat saat tertentu, untuk itu rencakanan terlebih dahulu liburan Anda dan cari tahu tentang tiket promo tersebut. Untuk mendapatkan informasi yang cepat dan akurat, sebaiknya Anda berlangganansitus booking hotel dan booking tiket pesawat online yang banyak tersebar di media online.

5. Tranportasi Umum

Jika Anda pergi berlibur menggunakan transportasi umum, Anda harus tahu jadwal dan ketersediaan transportasi di tempat wisata tujuan Anda. Cari tahu hal ini secara detail agar Anda tak membuang waktu percuma gara2 kesulitan mencari transportasi di tempat wisata tujuan Anda.

6. Peta Wisata

Peta wisata sangat penting jika Anda bepergian sendiri tanpa guide atau travel agent. Peta wisata ini biasanya banyak tersedia di tempat2 publik seperti bandara, stasiun atau hotel. Jika Anda menggunakan gadget android, manfaatkan layanan google maps.

7. Dokumen Pribadi

Agar perjalanan tetap aman dan nyaman, sebaiknya Anda melengkapi diri dengan dokumen dokumen pribadi yang diperlukan. Jika ke luar negeri otomatis passport dan atau visa harus tersedia, selain itu sebaiknya Anda juga tetap membawa identitas pribadi seperti KTP, bila perlu siapkan juga foto kopinya untuk keperluan booking hotel dan lain lain.

8. Asuransi Perjalanan

Jika Anda bepergian yang jauh dan beresiko, sebaiknya Anda membeli asuransi perjalanan yang banyak ditawarkan oleh para agen asuransi.

9. Uang Tunai

Siapkan uang tunai secukupnya saja selama di perjalanan, selebihnya akan lebih aman jika Anda menggunakan kartu baik debit atau kredit sebagai alat pembayaran Anda. Jika Anda menggunakan kartu kredit, gunakan kartu kredit secara bijak, kecuali jika memang Anda ingin membawa banyak hutang setelah pulang berlibur.

10. Obat Pribadi

Jika Anda menderita penyakit tertentu, seperti asma, jangan lupa membawa obat-obatan dan perlengkapan pribadi yang Anda butuhkan, jika perlu bawa juga surat riwayat penyakit keterangan dari dokter atau rumah sakit tempat Anda berobat.

11. Bahasa dan Budaya Lokal

Jika Anda bepergian ke lain daerah, sebaiknya Anda menguasai bahasa dan budaya setempat, hal ini juga sesuai dengan peribahasa dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Selain itu hal ini juga akan membantu Anda untuk berinteraksi dengan penduduk setempat, seperti misalnya jika Anda ingin membeli dan menawar barang, pasti akan lebih mudah jika menggunakan bahasa setempat.

12. Perlengkapan Berlibur

Siapkan segala macam perlengkapan yang mungkin dibutuhkan saat berlibur, seperti misalnya kamera, baju ganti, perlengkapan pribadi, tas yang sesuai dll. Buatlah cek list untuk menghindari barang yang tertinggal.

Dengan rencana yang matang, pergi berlbur tentu akan lebih menyenangkan. Mungkin Anda mau menambahkan apalagi yang perlu dipersiapkan agar pergi berlibur tetap aman dan nyaman

Sumber:indrashare.com