Study Komparatif Pos Pelayanan Teknologi ke Jawa Tengah

Ekonomi () 24 November 2014 02:38:25 WIB


Study Komparatif Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Provinsi Sumatera Barat dalam rangka Koordinasi Implementasi Posyantek Mandiri ke Posyantek Mina Tani Kecamatan Wedari Jaksa, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah dipimpin langsung oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Sumatera Barat dengan mengikutsertakan pengurus Posyantek percontohan Kab. Solok, Kab. Tanah Datar, Kab. Dharmasraya, Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang, dan Kab. 50 Kota yang dilaksanakan selama 4 (empat) hari dari tanggal 20 s/d 23 November 2014. Pertemuan dengan Bapermades Provinsi Jawa Tengah di Semarang tanggal 20 November 2014 disampaikan bahwa kegiatan study komparatif ini merupakan reward bagi pengurus Posyantek Prov. Sumbar yang memperoleh prestasi dalam penilaian Lomba Posyantek Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2014. Maksud dan tujuan kunjungan peserta study komparatif Sumatera Barat ke Posyantek Mina Tani Kecamatan Wadari Jaksa, Kabupaten Pati adalah dalam rangka Koordinasi Implementasi Posyantek Mandiri, sharing informasi untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan pengurus Posyantek dan Pembina baik Tingkat Proinsi maupun Kab/Kota.

Dari hasil wawancara yang dilakukan dengan beberapa orang pengurus, ternyata Posyantek Mina Tani telah mengembangkan usahanya melalui media informatika seperti email, facebook, website dan toko online serta membuat MoU dengan Perusahaan-perusahaan asing yang ada di Kabupaten Pati. Untuk melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat serta pengembangan usaha, Posyantek Mina Tani berusaha untuk merangkul warga, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Pengusaha yang berada di Kecamatan Wedari jaksa khususnya dan Kabupaten Pati pada umumnya untuk menjalin kerjasama dengan Posyantek Mina Tani.

Adapun kerjasama dan kemitraan yang telah dilakukan oleh Posyantek Mina Tani adalah Kelompok Usaha Barokah, Kelompok Usaha Susu Kedelai, Kelompok Usaha Pengolahan Bandeng, Kelompok Usaha Pemuda produktif. Disamping melakukan kunjungan, kita juga dapat mempromosikan Teknologi Tepat Guna yang kita miliki kepada daerah lain sekaligus mencari peluang pemasaran bagi produk-produk teknologi kita di daerah lain.