Konsultasi Gratis Diarena Bagi bibit.

Pertanian RASMUNALDI, ST(Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan) 19 Oktober 2014 08:18:57 WIB


Tidak hanya memprogramkan bagi bibit gratis setiap minggunya   di Kompleks GOR. H. Agus Salim, Kota Padang, Dinas Pertanian   Tanaman Pangan (Disperta) Sumbar juga mengadakan konsultasi teknis budidaya gratis, khususnya bagaimana   berbudidaya memanfaatkan lahan perkarangan.

Ibarat manusia, tanaman juga sama, kalau   tanaman kurang makanan atau kurang unsur hara, maka ia juga akan mudah terserang penyakit, demikian juga kalau kekurangan air,” ucap Kepala Bidang Tanaman Hortikultura Disperta Sumbar, Ir. Yustiadi yang langsung memberikan konsultasi gratis tersebut saat menjawab pertanyaan salah seorang   pengunjung GOR yang ikut menerima bagi-bagi bibit gratis ini, Minggu, 19/10/2014.

Menurut Yustiadi, Disperta Sumbar memang sengaja   memberikan konsultasi gratis pada bagi-bagi bibit tersebut. Itu bertujuan, agar penerima bantuan bibit tersebut tidak hanya langsung menanam bibit yang diterimanya, tapi memiliki pengetahuan yang cukup dalam berbudidaya tanaman sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Pengetahuan yang ia berikan, ucapnya, merupakan pengalaman dia sendiri yang telah mempraktekan   pemanfaatan pekarangan di halaman rumahnya. Bahkan tidak itu saja, kalau ada warga disatu komplek yang ingin mendapat konsultasi lebih jauh, ia siap mendatanginya ke kompleks tersebut.

Sementara itu Kepala Disperta Sumbar, Ir. Djoni yang juga hadir diarena bagi bibit tersebut mengatakan kalau program bagi bibit dan konsultasi gratis sudah menjadi program Disperta Sumbar. Tujuan agar pekarangan warga dikota Padang bisa ditanami dengan tanaman yang produktif sehingga bisa memberikan manfaat terhadap warga.

Ia melihat, program bagi bibit tersebut jauh lebih efektif   ketimbang membantu warga dengan benih karena kemungkinan ditanam sangat besar sekali. “Kalau kita bantu dengan benih , kemungkinan ditanam agak kecil, berbeda kalau dibantu dengan bibit yang sudah tumbuh seperti sekarang ini ,” ucapnya.

Program bagi bibit tersebut, ucapnya, akan berlangsung setiap minggunya. Hal ini bertujuan   mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan sehingga   berkontribusi terhadap peningkatkan gizi dan ekonomi keluarga. Adapun bibit yang dibagikan terdiri dari bibit buah-buahan seperti sirsak, sukun,papaya dan berbagai jenis sayuran yang cocok didataran rendah seperti kota Padang.