Intrade Malaysia Expo di Kuala Lumpur, tanggal 20-22 Oktober 2014.

Industri dan Perdagangan BUDI SETIAWAN, ST, M.Si(Dinas Perindustrian dan Perdagangan) 12 November 2014 04:16:23 WIB


Intrade Malaysia Expo di Kuala Lumpur, tanggal 20-22 Oktober 2014.

 

Pameran Intrade Malaysia Expo 2014 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Malaysia yang dikoordinir oleh Ministry of International Trade and Industry Malaysia (MITI) bekerjasama dengan Malaysia External Trade Development Corporation (MATRADE) dan Qube Integrated Malaysia Sdn Bhd. Pameran Intrade Malaysia 2014 adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Malaysia bertempat di gedung MATRADE Kuala Lumpur. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin jaringan kerjasama, kemitraan bisnis, dan tukar menukar ide dari berbagai negara, khususnya dalam rangka memasuki pasar global. Intrade Malaysia 2014 digelar sebagai pameran internasional yang komprehensif meliputi berbagai barang-barang keperluan konsumen khususnya life style, interior dan home product, supporting service, cosmetic health and wellness, fashion, accessories, gift souvenir, muslimah wear, undergarment and sleepwear, and international information, yang diikuti oleh lebih kurang 412 exhibitor dan 300 buyer dari 17 negara terutama negara-negara di jazirah Asia.

Pameran International Trade (INTRADE) Malaysia dan Malaysia Fashion Week (MWF) dibuka oleh Deputy Prime Manister Malaysia YAB Tan Sri Dato' Haji Muhyiddin Yassin, yang dihadiri oleh para pejabat dari Kementerian Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia, antara lain Deputy Minister Y.B. Datuk Haji Hamim Samuri, Secretary General Dr. Rebecca Fatima dan Y.B. Datuk Noraini Ahmad Chairman of MATRADE, beserta tamu-tamu VIP lainnya baik dari dalam mapun luar negeri. Kegiatan Intrade Malaysia 2014 dan Malaysia Fashion Week ini diikuti oleh para Exhibitor, Buyer, Distributor, dan Designer dari negara-negara antara lain Australia, China, India, Indonesia, Kamboja, Myanmar, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Kehadiran Deputi Prime Minister dalam aacara Pembukaan ini menurut panitia sebagai dukungan kuat negara terhadap Industri Kreatif dan Fashion di Malaysia. Dalam sambutannya Deputi Prime Minister menyampaikan pentingnya Kegiatan Pameran dan Fashion terhadap perkembangan perdagangan baik dalam maupun luar negeri dan dampaknya terhadap ekonomi negara. Dengan kegiatan ini, Malaysia telah mengikutsertakan para pelaku usaha khususnya Exhibitor, Trader, Designer, Buyer dan Distributor dari berbagai negara ke Malaysia untuk berkontribusi dalam pameran yang meliputi Fashion, Art, Cosmetics, Interior, and Textile atau disingkat dengan FACIT, yang merupakan komponen lifestyle utama dalam INTRADE yang telah digelar dan dinilai sukses semenjak 7 tahun terakhir.

Keikutsertaan Sumatera Barat dalam Pameran ini adalah dalam rangka membina dan mendukung para pengusaha dari Industri Kecil dan Menengah (IKM) Sumatera Barat untuk mengikuti even-even pameran berskala internasional, terutama dalam memasuki pasar global. IKM Sumatera Barat yang diikutsertakan dalam even ini adalah A&S Sulaman dan Bordiran dari Kabupaten 50 Kota, dan Flora Sulaman dari Kabupaten Agam. A&S Sulaman dan Bordiran menampilkan, kebaya encim baju kurung kerancang, dan bordiran, sedangkan Flora Sulaman menampilkan baju kurung, baju koko, selendang suji, dan mukena. Dari keikutsertaan kita dalam pameran ini, kedua pengrajin ini telah dapat menghasilkan transaksi baik dengan buyer maupun potenstial buyer dari beberapa negara.