Puasa Kunci Mencapai Sukses

Artikel Yongki Salmeno(Yongki Salmeno) 17 September 2014 06:17:19 WIB


Jika kita ajukan pertanyaan, “ Siapa yang ingin jadi orang sukses dan bahagia?” Tentulah semua orang akan mengacungkan tangan. Menjadi orang sukses, hidup bahagia, rukun dan damai tentulah merupakan keinginan dan cita-cita semua ummat manusia. Siapa yang tak ingin sukses dan bahagia? Jika ada yang tidak ingin sukses dan bahagia, mungkin ada kelainan dalam diri orang tersebut.

Namun dalam kenyataannya tak banyak orang yang berhasil mencapai sukses dalam hidupnya. Banyak orang hidup dalam kondisi biasa-biasa saja, tak banyak kemajuan yang dicapai dari waktu ke waktu. Meski sudah panjang peralanan hidupnya dan sudah banyak umur yang sudah dihabiskan, hidupnya tetap tak berubah dari tahun ke tahun. Kata-kata bahagia pun sangat jauh dari kehidupannya.

Segala cara dan upaya telah dilakukan untuk menggapai sukses. Kerja keras membanting tulang, tak kenal lelah siang dan malam pun telah dilakukan, namun tetap saja sukses itu tak mampu mereka capai, begitu juga bahagia. Apalagi bagi mereka yang tak sudi bekerja keras dan berupaya dengan sungguh-sungguh, tentu sukses dan bahagia itu makin jauh darinya.

Namun ada juga sejumlah orang yang semua urusan dan pekerjaan bisa ia selesaikan dengan baik. Setiap kali ia menemukan hambatan dan jalan buntu, tiba-tiba saja muncul jalan keluar dan solusi dari persoalan yang sedang ia hadapi. Karirnya melejit dengan cepat, ia pun menjelma menjadi orang sukses. Selanjutnya karena sukses itu ia syukuri dan amanah ia jalankan sesuai perintah Allah, hidup bahagia, rukun dan damai pun menjadi miliknya. Allah juga telah menyiapkan syurga baginya untuk kehidupan di akhirat kelak. Subhanallah...

Hal seperti ini sudah merupakan sunnatullah. Pepatah Arab mengatakan man jadda wa jada, siapa yang sungguh-sungguh pasti berhasil. Dalam surat Ath Thaalaq ayat 2 Allah berfirman, “Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.” Selanjutnya dalam pada ayat 4 surat yang sama Allah lebih menegaskan lagi, “Dan barang siapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.”

Jadi bisa kita simpulkan bahwa hanya orang yang bekerja dengan bersungguh-sungguh yang bisa berhasil. Orang yang bersungguh-sungguh dan bertaqwa akan menjadi orang sukses karena diberikan Allah berbabagi jalan keluar dari masalahnya serta kemudahan dalam semua urusannya, seperti janji Allah dalam surat Ath Thalaaq.

Bulan Ramadhan adalah bulan khusus untuk menggembleng ummat menjadi orang-orang yang bertaqwa. Seperti firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 183, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. Jadi, jika ingin menjadi orang bertaqwa, maka bulan Ramadhan lah momen yang paling tepat untuk melatihnya.

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, bisa kita ambil kesimpulan, jika ingin menjadi orang sukses maka ada dua kata kuncinya, yaitu bekerja dengan bersungguh-sungguh dan bertaqwa. Untuk menjadi orang yang bertaqwa, salan satu jalannya adalah dengan menjalankan ibadah berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan. Mudah bukan?

Selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan tahun 1435 H. Mari kita bulatkan tekad agar di akhir Ramadhan ini keluar sebagai pemenang, menjadi orang-orang yang bertaqwa (muttaqin) dan bekerja dengan bersungguh-sungguh. Insya Allah kita akan menjadi orang-orang yang sukses, sejahtera, bahagia dunia dan akhirat. Amin ***(Irwan Prayitno)