Dubai Bandara Terbesar di Dunia

Artikel Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika(Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika) 19 April 2014 23:56:16 WIB


              

Dubai seperti tak pernah kehabisan membangun segala sesuatu "ter-" di dunia. Setelah beroperasi hotel tertinggi, dilanjutkan dengan mal terbesar, ini ia memilki bandara terbesar di dunia.
Terletak di Jebel Ali salah satu kota bagian di Dubai, Al Maktoum International Airport telah rampung dibangun dan menjadi bandara terbesar di dunia. Seperti bandara sebelumnya yang berada di Dubai yaitu Dubai International Airport, Al Maktoum International Airport dioperasikan oleh Dubai Airports Company.

               Diinfokan dari berbagai sumber seperti yang dilansir oleh CNN, pembangunan bandara ini menghabiskan biaya sekitar 120 miliar dirham atau lebih dari 32 miliar dollar AS atau setara dengan lebih dari Rp 32 triliun. Meski demikian, dalam pembangunannya sempat tertunda akibat krisis keuangan.Layanan komersial kepada penumpang di Al Maktoum International Airport dijadwalkan pada tahun 2017. Pada peresmian bandara, dilakukan uji coba pesawat lepas landas dan mendarat.

Pesawat pertama yang berhasil mendarat di bandara terbesar yang berlokasi di Uni Emirat Arab ini adalah maskapai penerbangan asal Hungaria, Wizz Air. Dua maskapai penerbangan lain adalah Jazeera Airways dari Kuwait serta Gulf Air asal Bahrain.saat ini, bandara baru mengoperasikan satu landasan pacu. Ke depan,  rencananya akan beroperasi lima landasan pacu dengan mampu menampung 160 juta penumpang dan 120 juta ton kargo.

Sumber :Kompas Travel