Inovator Payakumbuh Ronaldi Zamora Dinilai Tim Pusat Via Zoom Metting 

Inovator Payakumbuh Ronaldi Zamora Dinilai Tim Pusat Via Zoom Metting 

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 27 Mei 2023 09:00:41 WIB


Payakumbuh, Mei

Kota Payakumbuh dinilai secara daring melalui zoom meetting dalam Lomba Gelar Inovasi Tepat Guna Nusantara (GITGN) XXIV Tahun 2023 oleh Tim Penilai Nasional, Selasa (23/5/2023).

Kota Payakumbuh terpilih menjadi salah satu utusan Provinsi Sumatera Barat untuk Kategori Inovasi Teknologi Tepat Guna bersama-sama dengan nominator lainnya yaitu Kabupaten Tanah Datar untuk kategori Posyantek dan Kabupaten Pasaman untuk Kategori Teknologi Tepat Guna Unggulan.

Persentasi dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Walikota Payakumbuh dengan mengusung inovasi Smart Induction Stove Solar Generator Energy Berbasis Internet Of Thing (IOT) dengan inovator Ronaldi Zamora, M.Si.

Tim Kota Payakumbuh  dipimpin langsung oleh Elzadaswarma selaku Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan bersama Ifon Satria Chan selaku Asisten Asisten 3 Bidang Administrasi Umum serta  dihadiri langsung Kabid SDA dan TTG Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumatera Barat Vera Irawati, ST.MM selaku Pembina Inovasi TTG.

Penilaian ini juga dihadiri oleh tim support yakni Tim Penilai TTG Kota Payakumbuh, Wakil Kepala SMA IBS Raudhatul Jannah Kota Payakumbuh serta dibantu oleh Diskominfo Kota Payakumbuh.

Dalam sambutannya kepada Tim Penilai Pusat, Asisten 2 yang kerap disapa Om Zed meyampaikan  pesan dari Pj. Walikota terhadap dukungan yang sangat besar dari Pemerintah Kota Payakumbuh terkait penyelenggaraan inovasi di daerah Kota Payakumbuh. 

Melalui Asisten dalam hal ini Pj. Walikota menyampaikan rasa bangganya terhadap  Ronaldi Zamora, M.Si selaku innovator Smart Induction Stove Solar Generator Energy Berbasis Internet Of Thing (IOT) yang peduli dan sensitive terhadap permasalahan-permasalahan yang terdapat di Kota Payakumbuh khususnya disektor Industri Kecil Menengah terkait energi alternatif pengganti gas dan BBM yang dinilai cukup mahal dan langka. Dengan kompetisi ini diharapkan memunculkan inovator lainnya yang mampu membangun negerinya. ‘’Selamat berkompetisi innovator Kota Payakumbuh jadilah juara untuk kotamu dengan inovasi tanpa batas,’’ ucapnya. 

Dalam penilaian tersebut innovator yakni Ronaldi Zamora, M.Si diberi kesempatan untuk mempresentasikan serta memperagakan inovasinya dengan waktu selama 15 menit, dibantu tim pendamping dari Bappeda Kota Payakumbuh antara lain Nila Misna, S.Si, MP  (Sekretaris Bappeda), Hafiza, S.Si, ME (Kabid. Litbang) dan Robby Hafanos, S.IP,M.CIO (Fungsional Peneliti Ahli Muda). Mereka bersama-sama bertugas membantu memberikan masukan-masukan terhadap jawaban pertanyaan- pertanyaan yang disampaikan Tim Penilai kepada inovator, sehingga dengan kerjasama yang baik sekuruh pihak terlibat dalam penilaian.

Kepala Bappeda Kota Payakumbuh Yasrizal juga menyampaikan bahwa inovator Ronaldi Zamora, M.Si merupakan juara 1 lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Kategori Umum pada tahun 2022. "Mudah mudahan kita bisa menjadi juara nasional untuk tahun ini dan membanggakan Sumatera Barat dalam Gelar Inovasi Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV Tahun 2023," kata Yasrizal. (GK)


Berita Terkait Lainnya :