Gubernur Buka Bimtek LPM, Mahyeldi : Tingkatkan Kualitas Layanan di Kelurahan 

Gubernur Buka Bimtek LPM, Mahyeldi : Tingkatkan Kualitas Layanan di Kelurahan 

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 23 Mei 2023 21:39:21 WIB


Padang, Mei

Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) adalah membantu lurah dalam menyerap aspirasi masyarakat terkait perencanaan pembangunan kelurahan dan menggerakkan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan.

Demikian disampaikan Gubernur Sumbar Mahyeldi ketika membuka Bimtek Peningkatan Kapasitas LPM Angkatan 1 Tahun 2023 yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar, di Hotel Truntum Padang, Senin (22/5/2023).

Menurut Gubernur Mahyeldi, LPM tidak lepas dari kata pemberdayaan, yang dapat diartikan sebagai sebuah gerakan penguatan sosial. Masyarakat yang tadinya lemah dibidang sosial, ekonomi, kesehatan serta politik, diberdayakan sehingga bangkit kesadaran dan meningkatkan potensi yang dimiliki.

Selain itu fungsi LPM menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, memupuk rasa persatuan dan kesatuan masyarakat, dan meningkatkan kualitas dan percepatan pelayanan pemerintahan kelurahan.

"LPM harus mampu menumbuhkan, mengembangkan dan menggerakkan prakarsa, partisipasi, swadaya serta gotong royong masyarakat di kelurahan. Tujuan akhirnya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan mendukung pencapaian target pembangunan," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Sementara itu Kepala Dinas PMD Sumbar Amasrul, SH mengatakan, para peserta Bimtek LPM ini diharapkan memiliki pemahaman yang baik dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai mitra pemerintahan kelurahan. 

"Para peserta diharapkan mengembangkan jejaring pemberdayaan, menciptakan inovasi dalam meningkatkan kualitas dan percepatan layanan pemerintah," kata Kadis Amasrul, yang didampingi Kabid KMA Quartita Evari Hamdiana, SKM.MM. 

Keanggotaan LPM kelurahan tentunya kedepan memiliki kemampuan dan pemahaman yang baik dalam melaksanakan fungsinya sebagai mitra pemerintahan kelurahan. Sehingga dalam melaksanakan tugas dapat melakukan pengawasan terhadap hasil pembangunan di wilayahnya. 

Peserta Bimtek Peningkatan Kapasitas LPM ini berjumlah 105 orang yang berasal dari Kota Padang yang terdiri dari Pengurus LPM Kelurahan Kota Padang dan aparatur di Bagian Tata Pemerintahan. Mereka mengikuti Bimtek selama tiga hari, 22-25 Mei 2023.

Dalam Bimtek ini tampil sebagai nara sumber adalah Gubernur Sumbar Mahyeldi, Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH., dan pakar pemerintahan, akademisi serta pembicara khusus.

Penyelenggaraan Bimtek Peningkatan Kapasitas LPM Angkatan 1 Tahun 2023 ini adalah Pokir Anggota DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim, yang dilaksanakan sepenuhnya oleh Bidang KMA Dinas PMD Sumbar. (GK)