Kadis PMD Amasrul Apresiasi Tiga Wakil Sumbar Juara BUM Desa Nasional 

Kadis PMD Amasrul Apresiasi Tiga Wakil Sumbar Juara BUM Desa Nasional 

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 03 Februari 2023 08:16:30 WIB


Bintan, Februari

Tiga wakil Sumbar tampil menjadi pemuncak dalam tiga kategori perlombaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang diselenggarakan Kementerian Desa PDTT dalam memperingati Hari BUM Desa di Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (2/2/2023) malam.

Penyerahan hadiah untuk para pemuncak dilakukan langsung oleh Menteri Desa PDTT Dr. Abdul Halim Iskandar, dihadiri pejabat kementerian, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) se-Indonesia, termasuk Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH.

Tiga wakil Sumbar yang jadi pemuncak juara perlombaan BUM Desa tingkat nasional yaitu Kategori BUM Desa Inspiratif yaitu BUMNag Lubuk Malako, Nagari Lubuk Malako, Kabupaten Solok Selatan.

Untuk Kategori BUM Desa Bersama Inspiratif yaitu BUM Desa Bersama Sambilan Nagari, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok. Dan Kategori Duta BUM Desa dimenangkan oleh Hafizur Rahman yang sehari-hari Wali Nagari Talang Babungo, Kabupaten Solok.

Dalam penyerahan Piagam Penghargaan ini, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar memesankan agar para pemuncak dapat menjadi motivator bagi BUM Desa yang lain dalam mengembangkan ekonomi dan investasi di desa, daerah tertinggal dan daerah transmigrasi.

Hari BUM Desa akan diperingati setiap tahun pada tanggal 2 Februari, yang dimaksudkan sebagai momentum untuk menggelorakan semangat dan motivasi dalam usaha-usaha pengembangan BUM Desa sebagai bagian dari pengembangan ekonomi pedesaan.

Sementara itu Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH yang dihubungi usai penyerahan Piagam Penghargaan dari Menteri Desa ini mengatakan, semoga para pemuncak dari tiga kategori BUM Desa ini dapat menjadi motivasi bagi BUMNag dan BUMDes lainnya di Sumbar, agar lebih bersemangat dan sukses lagi kedepannya.

"Insya Allah pada tahun 2024 mendatang kita bisa mempertahankan para pemuncak yang juara ini dan juga melahirkan Bumnag dan Bumdes baru sebagai pemuncak juara di tingkat nasional," kata Kadis Amasrul, yang juga mantan Sekda Kota Padang ini.

Sejumlah pejabat Sumbar hadir dalam acara Hari BUM Desa 2023 ini, antara lain Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH., Bupati Limapuluh Kota Safaruddin, Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi, Kepala Dinas PMN Dharmasraya Hastho Kuncoro, M.Pd., Staf Ahli Kabupaten Solok Mulyadi Marcos, Kabid UEM KP Dinas PMD Sumbar Mahdianur, SE.,MM., dan Analis Pengembangan EMP Dinas PMD Sumbar M. Farizd Aulia, S.STP.MM.