Gubernur Sumbar Buka TMMD ke-114 di Lintau Buo Utara, Tanah Datar

Gubernur Sumbar Buka TMMD ke-114 di Lintau Buo Utara, Tanah Datar

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 27 Juli 2022 11:25:16 WIB


Tanah Datar, Juli

Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi membuka secara resmi program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Tahun 2022 di Wilayah Kodim 0307 Tanah Datar, dalam upacara pembukaan TMMD ke-114 di Lapangan Cubadak Randah, Nagari Tanjuang Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara, Selasa (26/7/2022).

Pembukaan TMMD ke-114 ditandai dengan pemukulan gong oleh gubernur didampingi Bupati Tanah Datar Eka Putra, Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, Kasrem 032 Wirabraja Kol. Inf. Josep Tanada Sidabutar dan Dandim 0307 Tanah Datar Letkol CZI Sutrisno.

Dalam amanatnya, gubernur menyambut baik sinergitas yang terbangun antara pemerintah daerah bersama TNI, Polri, Forkopimda, BUMN, BUMD serta seluruh stakeholder hingga terlaksananya TMMD ke-114, sebagai upaya meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dan meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik dan mandiri.

"Program TMMD adalah sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat desa dan nagari dengan membangun atau merehabilitasi sarana prasarana wilayah dan fasilitas secara langsung. Kriteria dan prioritas sasaran kegiatan TMMD adalah daerah perbatasan, pulau-pulau kecil terluar atau daerah kumuh perkotaan maupun daerah pedesaan yang tergolong terisolir, terpencil hingga daerah yang terkena bencana," ujar Buya Mahyeldi.

Gubernur juga mengapresiasi program sasaran non fisik dalam TMMD ke-114 berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, bela negara, penyalahgunaan narkoba hingga penyuluhan pertanian dan peternakan.

Materi-materi tersebut menurut gubernur sangat tepat guna antisipasi menipisnya semangat nasionalisme dan memudarnya rasa kepedulian terhadap sesama anak bangsa.

Sebelumnya, Dandim 0307 Tanah Datar, Letkol CZI Sutrisno melaporkan, sasaran fisik dalam TMMD yang akan berlangsung hingga 24 Agustus 2022 tersebut menargetkan sejumlah sasaran fisik diantaranya pembukaan jalan dengan panjang 1.100 meter dengan lebar 6 meter, kemudian pembuatan irigasi sepanjang 200 meter serta rehab rumah tidak layak huni di Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar.

"Pra TMMD telah dimulai tanggal 6 Juni - 5 Juli 2022 lalu dan pelaksanaan TMMD dimulai tanggal 26 Juli hingga 24 Agustus 2022 dengan personil 190 orang terdiri dari Satgas TMMD 150 orang dan masyarakat 40 orang per hari," jelas Sutrisno.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra, usai upacara pembukaan menyampaikan apresiasi atas bantuan fisik dan non fisik dari seluruh pihak khususnya Mabes TNI dan jajarannya hingga ke Tanah Datar dan ASN Pemprov Sumbar yang telah berkontribusi materi maupun bantuan non materi demi suksesnya TMMD ke-114 di Tanah Datar.

"Dari lubuk hati yang paling dalam saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuannya membantu pembangunan kampung kami ini," ungkap Eka Putra.

Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Sumbar, total dukungan untuk TMMD ke-114 ini diantaranya berupa semen hingga 700 zak, berasal dari berbagai OPD, PT. Semen Padang dan Pegadaian Wilayah Sumbar. Selain itu juga ada bantuan 600 bibit sukun, Al-Quran hingga bibit ikan dan vaksinasi PMK untuk ternak dari dinas terkait.

"Kita dari Dinas PMD selalu melakukan support dan pembinaan dalam penyelenggaraan TMMD di seluruh wilayah Sumbar. Dinas PMD Sumbar juga mengkordinasikan bantuan berupa materi dan program kegiatan OPD Pemprov Sumbar untuk TMMD ke-114," kata Kadis PMD Sumbar yang diwakili Kabid SDA dan TTG Vera Irawati, ST.MM. (gk)