Hari Pertama Simulasi Tahap 2 PPDB Online, Pelajar Sumbar Ada yang Bingung 

Hari Pertama Simulasi Tahap 2 PPDB Online, Pelajar Sumbar Ada yang Bingung 

Pendidikan Dedi Oscar Adams(DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA) 04 Juni 2021 03:11:19 WIB


Simulasi Penerimaan Peserta Didik Baru secara Online Tahap 2 untuk SMA/SMK Negeri se-Sumbar dimulai hari ini, Kamis (03/06/2021) sejak pukul 00.00 WIB. 

Terpantau hingga pukul 14.30 WIB siang ini, sebanyak 15.699 pelajar sudah mendaftar dari kuota keseluruhan 89.281. 

Jumlah tersebut mencapai 17,5 persen dalam sehari, dan sudah lebih baik dari simulasi tahap 1 yang hanya mencapai 40 persen hingga hari akhir simulasi. 

Ketua Panitia PPDB Online Sumbar tahun 2021, Suindra, cukup lega peserta ujicoba dihari pertama sudah melebihi 15 ribu siswa. 

"Saya optimis, hingga hari terakhir ujicoba PPDB Online ini, siswa yang mengikuti bisa mencapai 90 persen," tambahnya. 

Meski demikian, beberapa pelajar lulusan Mts/Smp masih ada yang menemukan kendala saat mengikutinya. 

Diketahui dari kolom komentar Youtube dan Direct Message (DM) Instagram resmi Kominfo Sumbar, ada pelajar yang kebingungan terkait teknis maupun kelengkapan berkas. 

"Min kok saya ga bisa daftar yak? Padahal semua data saya sudah lengkapntrus pas saya konfir trus dia bipang eror katanya mungkin anda belom terdapat oleh mts/smp anda gimana dong min saya bingung," tulis akun Youtube dengan nama Melly Riska Jayanti pada kolom komentar Video Panduan Registrasi Akun Pada Sistem PPDB Online Sumbar di Youtube Kominfo Sumbar. 

"Kok saya ga bisa konfirmasi dan simpan," tulis akun Youtube dengan nama Roronoa Xix 

Kendala-kendala tersebut tidak hanya disampaikan melalui komentar Youtube, tapi DM Instagram Kominfosumbar juga mendapatkan beberapa pertanyaan terkait kelengkapan berkas. 

Simulasi PPDB Online tahap 2 ini masih akan berlanjut hingga hari Minggu tanggal 6 Juni 2021 pukul 24.00 WIB.(da/doa/MMC)