PANGGILAN KESAYANGAN AGAR RUMAH TANGGA JADI HARMONIS

Artikel Zakiah(Tenaga Artikel) 14 Desember 2020 10:24:52 WIB


Rumah tangga yang bahagia dan harmonis merupakan idaman bagi setiap pasangan suami istri. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memberi teladan kepada kita, mengenai cara membina keharmonisan rumah tangga. Sungguh pada diri Rasulullah SAW  itu terdapat teladan yang paling baik..

Dan seorang suami harus menyadari, bahwa dalam rumahnya itu ada pahlawan di balik layar, pembawa ketenangan dan kesejukan, yakni sang istri. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الدُّنْيَا كُلُّهَا مَتَاعٌ, وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الزَّوْجَةُ الصَّالِحَةُ

.Dunia itu penuh dengan kenikmatan. Dan sebaik-baik kenikmatan dunia yaitu istri yang shalihah. Pandai-Pandailah merawat Istri Oleh karena itu, seorang suami harus pandai memelihara dan menjaga istrinya secara lahir batin. Sehingga bisa menjadi istri yang ideal, ibu rumah tangga yang baik dan bertanggung jawab. .

Suasana harmonis sangat ditentukan dengan kerja sama yang bagus antara suami istri dalam menciptakan suasana yang kondusif dan hangat, tidak membosankan, apalagi menjemukan. Salah satu contoh suasana harmonis dalam rumah tangga Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ialah Beliau memanggil ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha dengan panggilan kesayangan dan mengabarkan kepadanya berita yang membuat jiwa ‘Aisyah menjadi sangat bahagia.

Aisyah Radhiyallahu ‘anha bercerita sebagai berikut, pada suatu hari Rasulullah SAW berkata kepadanya.

يَا عَائِشُ, هَذَا جِبْرِيْلُ يُقْرِئُكِ السَّلاَمَ

Wahai ‘Aisy (panggilan kesayangan ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha), Malaikat Jibril tadi menyampaikan salam buatmu. [Muttafaqun ‘alaihi] .

Itulah salah satu contoh cara menciptakan suasana harmonis dalam rumah tangga yaitu memanggil istri dengan panggilan kesayangan.

Penggunaan nama-nama panggilan untuk orang yang dicintai menunjukkan bahwa kebanyakan manusia merasakan kebutuhan untuk mengekspresikan kasih sayang mereka dalam kata-kata.

Bahkan sebenarnya bahasa tubuh, tatapan penuh kasih, atau pelukan juga dapat menjadi setara dengan panggilan spesial.Memiliki nama panggilan untuk pasangan adalah salah satu acara untuk menunjukkan kasih sayang, dan membuat hubungan terasa semakin spesial.Sang istri mungkin mendapatkan julukan baru dari suami, hal ini dapat menjadi pertanda baik bahwa hubungan berjalan romantis.

"Saat pasangan menjadi semakin dekat, mereka akan lebih sering menggunakan istilah pribadi dan candaan internal. Bahkan, penelitian menunjukkan kalau istilah-istilah pribadi ini adalah tanda hubungan yang kuat," ujar Suzanne Degges-White Ph.D., profesor dan kepala departemen Counseling, Adult and Higher Education di Northern Illinois University.

Nama panggilan memperlihatkan bahwa kita mengenal pasangan kita dengan baik. Penelitian juga menemukan bahwa suami istri yang memiliki hubungan yang bahagia, memiliki lebih banyak panggilan spesial ketimbang pasangan yang hubungannya kurang harmonis.Wallahu a'lam. Semoga bermanfa'at.