Perkembangan Pariwisata dan Transportasi Sumatera Barat Juni 2020

Ekonomi Desi Marlinda(Diskominfo) 10 Agustus 2020 15:38:47 WIB


Padang, Rilis 3 Agustus 2020

BRS Pariwisata dan Transportasi Sumatera Barat Juni 2020 merupakan kumpulan data daninformasidariberbagaiaktivitasdisektorpariwisatadantransportasi yangmencakup;jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Sumatera Barat, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel Berbintang dan Akomodasi Lainnya, Rata-Rata Lama Menginap Tamu (RLMT) Asing dan Indonesia Hotel Berbintang dan Akomodasi Lainnya, Perkembangan Angkutan Udara, dan Perkembangan Angkutan Laut. Jumlah wisatawan mancanegara merupakan data wisatawan yang masuk melalui pintu imigrasi di Bandara Internasional Minangkabau (BIM). TPK adalah perbandingan antara banyaknya malam kamar yang terpakai dengan banyaknya malam kamar yang tersedia (dalam persen), yang menunjukkan apakah suatu akomodasi diminati oleh pengunjung atau tidak. Rata-Rata Lama Menginap Tamu Asing dan Indonesia digunakan untuk mengetahui berapa lama seorang tamu menginap di suatu akomodasi pada suatu waktu tertentu. Data angkutan udara yang disajikan meliputi jumlah penumpang yang berangkat baik penerbangan domestik maupun penerbangan internasional. Sedangkan data angkutan laut yang disajikan meliputi data muat barang yang dilaksanakan di Pelabuhan Teluk Bayur Padang, Pelabuhan Muaro Padang, dan Pelabuhan Air Bangis Pasaman Barat.

 Tidak ada wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Sumatera Barat pada bulan Juni 2020

 • Tidak ada wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Sumatera Baratmelalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) bulan Juni 2020. Sama dengan bulan sebelumnya (Mei 2020) juga tidak ada wisman yang datang ke Sumbar.

 • Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Sumatera Barat bulan Juni 2020 mencapai rata-rata 21,14 persen; mengalami peningkatan 9,87 poin dibanding TPK bulan Mei 2020 sebesar 11,27 persen.

 • Rata-rata lama menginap tamu asing dan Indonesia pada hotel berbintang bulan Juni 2020 tercatat selama 1,76 hari; naik 0,42 hari bila dibandingkan dengan Mei 2020 yang tercatat 1,34 hari.

 • Jumlah penumpang angkutan udara domestik yang berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau pada bulan Juni 2020 naik sebesar 1.004,46 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Jumlah penumpang angkutan udara internasional yang berangkat dari BIM pada bulan Juni 2020 tidak ada sama sekali.

 • Jumlah penumpang angkutan udara domestik yang datang di BIM pada bulan Juni 2020 naik sebesar 1.109,62 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Dan penumpang angkutan udara internasional yang datang di BIM tidak ada sama sekali.

 • Jumlah barang yang diangkut melalui angkutan laut dalam negeri Sumatera Barat pada bulan Juni 2020 mengalami peningkatan sebesar 11,38 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Jumlah barang yang dibongkarmelalui angkutan laut dalamnegeri SumateraBarat pada bulan Juni 2020 mengalami peningkatan sebesar 55,65 persen dibandingkan bulan sebelumnya.(bps sumbar)