Rapat Forum Komunikasi Satpol PP dan Damkar Se-Sumatera Barat Tahun 2018

Rapat Forum Komunikasi  Satpol PP dan Damkar Se-Sumatera Barat Tahun 2018

Artikel Admin Satpol PP(Satuan Polisi Pamong Praja) 29 November 2018 10:27:08 WIB


Satpol PP dan Damkar Prov Sumbar ---- Dalam rangka meningkatan kinerja Satpol PP dan Damkar dalam hal penegakan Perda, penyelengaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat pada tahun 2018, maka Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran melaksanakan Rapat Forum Komunikasi Satpol PP dan Damkar se-Sumatera Barat. Rapat tersebut dilaksanakan di Hotel Royal Denai Kota Bukittinggi pada tanggal 14 s.d 16 November 2018, yang di buka langsung oleh Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Prov. Sumbar  (Ir. Nasridal Patria, MM, M.Hum).

Peserta Rapat Forum Komunikasi ini terdiri dari Kepala Satpol PP dan Damkar Kab/Kota, 1 orang Kepala Bidang Satpol PP dan Damkar Kab/Kota, dan Kepala Kesbangpol Kab/Kota yang secara akumulatif berjumlah 62 orang. Maksud dari pelaksanaan kegiatan rapat forum komunikasi ini adalah agar ditemukannya formulasi atau strategi penyelenggaraan ketertiban umum & ketentraman masyarakat serta pemberantasan LGBT di Sumatera Barat.

Tujuan dari rapat forum ini adalah :

  1. Meningkatkan koordinasi, integrasi dan sinergitas antara Satpol.PP Provinsi dengan Satpol PP Kabupaten/ Kota serta penegak hukum lainnya se-Sumatera Barat.
  2. Mensinkronisasi kegiatan penyelenggaraan tibum & tranmas tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota dalam rangka peningkatan keamanan di Provinsi Sumatera Barat.
  3. Meningkatkan performance Satpol PP yang profesional guna meningkatkan eksistensi dalam pelaksanaan tugas pengamanan di lapangan.
  4. Memberantas keberadaan LGBT di-Sumatera Barat.

         Adapun yang memberikan materi pada kegiatan ini adalah sebagai berikut :

  1. Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Prov. Sumbar, dengan judul “Peranan Pemprov. Sumbar dalam Penyelengaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat”.
  2. Dirjen BAK Kemendagri, dengan judul "Dukungan Pemerintah Pusat dalam hal Pencegahan dan Pemeberantasan Maksiat".
  3. Kepala Satpol PP & Damkar Provinsi Sumatera Barat, dengan judul "Peran Satpol PP dan Damkar Prov. Sumbar Dalam Hal Pencegahan dan Pemberantasan Maksiat".
  4. Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat, dengan judul “Pemberantasan LGBT di Sumatera Barat".
  5. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, dengan judul “Bahaya LGBT Dalam Aspek  Kesehatan".
  6. Kepala Badan Intelegen Negara Daerah Provinsi Sumatera Barat, dengan judul “Identifikasi Perkembangan dan Keberadaan LGBT di Sumatera Barat ".
  7. Kepala LKAAM Sumatera Barat, dengan judul "Peran LKAAM dalam Pencegahan dan Pemberantasan Maksiat di Sumatera Barat".

         Kepala Satpol PP dan Damkar Prov. Sumbar (Zul Aliman, SE, MM) berharap dengan diadakanya rapat forum ini agar terbangun sinergitas antara Satpol PP dan Damkar Provinsi dengan Satpol PP dan Damkar Kab/Kota se-Sumbar serta Kesbangpol dalam upaya merumuskan langkah-langkah operasional dalam pencegahan dan pemberantasan maksiat serta pemberantasan LGBT di Sumatera Barat.