Pelaksanaan Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental Indonesia Tahun 2018

Pelaksanaan Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental Indonesia Tahun 2018

Artikel Admin Satpol PP(Satuan Polisi Pamong Praja) 01 November 2018 10:38:27 WIB


            Satpol PP dan Damkar Prov. Sumbar ----- Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Inpres tersebut merupakan upaya pemerintah dalam melaksanakan Revolusi Mental yang mengacu pada nilai-nilai integritas, etos kerja dan gotong royong untuk kemudian diwujudkan dalam bentuk program dan kegiatan di beberapa kementerian dan lembaga.

            Untuk Tahun 2018, pelaksanaan pekan kerja nyata revolusi mental dilaksanakan di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara. Acara dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (PMK) Puan maharani dan didampingi oleh Menko Polhukam, Mendagri (Tjahjo Kumolo), Menpan RB dan Gubernur Sulawesi Utara beserta undangan.

            Peserta GNRM ini terdiri dari 15 ribu orang dari berbagai elemen, Mereka berasal dari perwakilan provinsi, kabupaten/kota, ASN, pelajar, dan pegawai swasta. Mereka datang untuk menghadiri pembukaan Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental. Acara Pembukaan Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental tersebut terbilang sangat sukses. Seluruh peserta terlihat cair dalam balutan acara yang tersusun rapi dan sangat menarik..

            Dalam acara ini Pemerintah Provinsi Sumatera Barat diwakili oleh beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yakni : Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat, Dinas Satpol PP dan Damkar Provinsi Sumatera Barat, Dinas Perizan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi Sumatera Barat, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Barat dan Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat.

            Terdapat 5 program gerakan Nasional Revolusi Mental, antara lain : Program Gerakan Indonesia Melayani, Program Gerakan Indonesia Tertib, Program Gerakan Indonesia Bersih, Program Gerakan Indonesia Mandiri dan Program Gerakan Indonesia Bersatu. Ditengah pelaksanaan acara, diberikan pula penghargaan kepada Provinsi dan Kabupaten/kota yang memiliki capaian tertinggi dalam Program Gerakan Indonesia Bersatu. Beberapa Provinsi dan Kabupaten/Kota yang menerima penghargaan ini antara lain Daerah Istimewa Yogyakarta, Provinsi Kalimantan Tengah, Kabupaten Banyuasin, dan Kabupaten Marangin.

            Bapak Menteri Dalam Negeri menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan pembukaan acara yang berlangsung lancar dan sukses. Ia berharap, pekan Kerja Nyata Revolusi Mental di Kota Manado dapat berjalan dengan lancar dan sukses pula.

            Acara dialnjutkan dengan Rembuk Nasional Gerakan Indonesia Tertib, Satpol PP terletak di gugus Indonesia Tertib. Dalam Rembuk Indonesia Tertib, Menko Polhukam membahas tentang cara membangun kesadaran dan perilaku masyarakat untuk menjadi agen perubahan dalam mewujudkan Indonesia tertib serta patuh hukum. Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan pawai budaya seindonesia yang diikuti oleh seluruh provinsi. Provinsi Kalimantan Selatan ditunjuk sebagai tuan rumah untuk pekan kerja nyata gerakan revolusi mental tahun 2019.