Ralat Pengumuman Pengadaan CPNS Di Lingkungan BNP2TKI TA. 2013
Pengumuman () 25 September 2013 08:59:42 WIB
Ralat Pengumuman Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
Di Lingkungan BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia)
Tahun Anggaran 2013
Nomor : Peng. 07 /SU-OK / IX /2013
Atas:
Pengumuman Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
Di Lingkungan BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) Tahun Anggaran 2013
Nomor: Peng. 06/SU-OK/IX/2013
Sehubungan dengan tingginya minat masyarakat untuk mengikuti Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan BNP2TKI Tahun 2013 sementara kapasitas sarana untuk pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan menggunakan sistem CAT terbatas, maka atas dasar tersebut kami melakukan ralat (perbaikan) terhadap Persyaratan Peserta sebagai berikut:
A. UMUM
1. Warga Negara Republik Indonesia, yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI);
2. Berusia minimal 18 (delapan belas) tahun dan maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 01 Oktober 2013;
3. Memiliki kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan) sesuai dengan formasi yang dibutuhkan;
4. Berijazah, lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Program Studi Perguruan Tinggi Swasta yang terakreditasi “B†oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat pengesahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Surat Keterangan Lulus/Ijazah sementara tidak berlaku;
5. Mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 dalam skala 4 (Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta) untuk D3 maupun S1;
6. Mampu mengoperasikan komputer minimal program Office dan Internet;
7. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan dari Puskesmas/Rumah Sakit Pemerintah;
8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI;
9. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/TNI/POLRI;
10. Tidak berkedudukan sebagai anggota dan /atau pengurus Partai Politik;
11. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan;
12. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai PNS atau instansi Swasta;
13. Calon pelamar dapat melakukan pendaftaran secara online ke alamat website http://sscn.bkn.go.id.;
14. Mengisi Surat Pernyataan Umum yang dapat diunduh pada lampiran pengumuman ini;
15. Setelah melakukan pendaftaran secara online melalui website tersebut di atas, maka pelamar dapat mencetak tanda bukti pendaftaran.
Pengumuman ini berlaku sejak tanggal diterbitkan dan tidak berlaku bagi Pelamar yang telah mendaftar secara online sebelum tanggal diterbitkan.
Demikian Ralat Pengumuman ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.
Jakarta, 12 September 2013
Kepala Biro Organisasi Kepegawaian
Selaku Ketua Tim Panitia Pengadaan CPNS BNP2TKI
Ttd
Drs Herry Hidayat HMM
NIP: 19570521 198303 1 002
Pengumuman
Nomor : Peng.06 /SU-OK / IX /2013
Pengadaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil)
Di Lingkungan BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia)
TINGKAT PENDIDIKAN PROGRAM STUDI
Sarjana (S1) Administrasi
Akuntansi
Hukum
Ilmu Komputer
Keuangan Perbankan
Kehumasan
Komunikasi
Jurnalistik
Manajemen
Manajemen Informatika
Psikologi
Publisistik
Sistem Informasi
Sosiologi
Teknik Informatika
Teknik Komputer
Diploma Tiga (D3) Ilmu Komputer
Manajemen Informatika
Teknik Informatika
Teknik Komputer
III. RINCIAN FORMASI (Download pdf 114kb)
IV. PERSYARATAN
B. UMUM
1. Warga Negara Republik Indonesia, yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI);
2. Berusia minimal 18 (delapan belas) tahun dan maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 01 Oktober 2013;
3. Memiliki kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan) sesuai dengan formasi yang dibutuhkan;
4. Berijazah, lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) atau Perguruan Tinggi Negeri yang telah mendapat pengesahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Surat Keterangan Lulus/Ijazah sementara tidak berlaku;
5. Mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 dalam skala 4 (Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta) untuk D3 maupun S1;
6. Mampu mengoperasikan komputer minimal program Office dan Internet;
7. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan dari Puskesmas/Rumah Sakit Pemerintah;
8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI;
9. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/TNI/POLRI;
10. Tidak berkedudukan sebagai anggota dan /atau pengurus Partai Politik;
11. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan;
12. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai PNS atau instansi Swasta;
13. Calon pelamar dapat melakukan pendaftaran secara online ke alamat website http://sscn.bkn.go.id/;
14. Mengisi Surat Pernyataan Umum yang dapat diunduh pada lampiran pengumuman ini;
15. Setelah melakukan pendaftaran secara online melalui website tersebut di atas, maka pelamar dapat mencetak tanda bukti pendaftaran.
C. KHUSUS
1. Membuat surat lamaran dengan ketentuan ditulis sendiri, dengan tinta berwarna hitam, di atas kertas folio bergaris dan ditandatangani di atas materai Rp 6.000;
2. Melampirkan Daftar Riwayat Hidup meliputi pendidikan formal (Sekolah Dasar sampai pendidikan terakhir), informal dan pengalaman kerja. Khusus pendidikan formal harus dituliskan : nama lembaga pendidikan, lama pendidikan, dan tahun lulus, rata-rata nilai STTB, IPK;
3. Melampirkan 1 (satu) lembar fotocopy ijazah dan Transkrip Nilai Akademis pendidikan terakhir, yang disahkan dan dilegalisir (cap basah) oleh pejabat yang berwenang: Rektor/Dekan/Ketua/Direktur;
4. Melampirkan masing-masing 1 (satu) lembar foto copy ijazah/STTB Sekolah Dasar sampai SLTA;
5. Melampirkan Fotocopy legalisir (cap basah) Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning) yang dikeluarkan oleh instansi berwenang yang masih berlaku sebanyak 1 (satu) lembar;
6. Melampirkan Fotocopy legalisir (cap basah) Surat Keterangan Catatan Kepolisian setempat yang masih berlaku sebanyak 1 (satu) lembar;
7. Melampirkan Fotocopy Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku sebanyak 1 (satu) lembar;
8. Melampirkan Fotocopy legalisir (cap basah) Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Puskesmas/Rumah Sakit Pemerintah yang masih berlaku sebanyak 1 (satu) lembar;
9. Melampirkan Surat Pernyataan Umum yang telah diisi dan ditandatangani di atas materai Rp 6000;
10. Bagi pelamar lulusan Perguruan Tinggi Swasta yang akreditasi Program Studinya tidak tertera di dalam ijazah, wajib melampirkan 1 (satu) lembar fotocopy sertifikat akreditasi atau Surat Keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan;
11. Pas Foto terakhir berwarna (laki-laki berwarna dasar merah, perempuan berwarna dasar biru), ukuran 4x6 sebanyak 3 (tiga) lembar dan di bagian belakangnya dituliskan nama pelamar;
12. Berkas sebagaimana tersebut di atas disusun rapih dalam snelhekter hijau untuk D3 dan merah untuk S1, dan di halaman terdepan dilampirkan fotocopy tanda bukti pendaftaran online.
Persyaratan Tambahan
*) Khusus untuk Pelamar Putra/putri Papua
a. Merupakan putra/putri dari orang tua yang minimal salah satunya (Bapak atau Ibu) asli dari Papua.
b. Selain melengkapi Persyaratan Khusus di atas, juga diminta melampirkan fotocopy Akte kelahiran orang tua, bila tidak ada dapat digantikan dengan foto copy Surat Keterangan dari Aparatur Setempat (Kepala Desa atau Lurah) yang menyatakan bahwa orang tua pelamar adalah benar asli Papua.
**) Khusus untuk Pelamar Penyandang Disabilitas
• Memiliki disabilitas terkait dengan anggota gerak bawah/kaki dan tidak menggunakan kursi roda
• Tidak mengalami disabilitas dalam hal penglihatan, pendengaran maupun wicara.
V. PANDUAN PENDAFTARAN
Calon pelamar yang berminat, wajib melalui proses pendaftaran melalui 2 (dua) tahap sebagai berikut:
1. Pendaftaran OnlineLangkah-langkah Pendaftaran Online:
a. masuk ke website http://sscn.bkn.go.id/;
b. klik link Buat Pendaftaran untuk membuat pendaftaran baru;
c. isi form registrasi yang muncul;
d. pastikan isian data pribadi pada form registrasi sesuai dengan KTP;
e. pastikan isian formasi dan pendidikan yang dilamar sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki;
f. klik tombol kirim pendaftaran untuk memproses pendaftaran dan nomor registrasi pendaftaran;
g. cetak tanda bukti pendaftaran;
h. tanda bukti pendaftaran berupa file dalam format PDF yang dapat disimpan di flashdisk dan dapat dicetak di tempat lain;
i. tanda bukti pendaftaran yang sudah dicetak di fotocopy, dan copynya dilampirkan di halaman terdepan berkas lamaran;
j. Khusus untuk Pelamar Putra/putri Papua menuliskan “FORMASI PAPUA†di pojok kanan atas amplop dan surat lamaran.
2. Pengiriman berkas via posPelamar yang telah mendaftar secara online, wajib segera mengirimkan berkas lamaran beserta seluruh lampiran melalui PT. Pos Indonesia ditujukan kepada:
Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian BNP2TKI
selaku Ketua Tim Pengadaan CPNS
PO BOX 4267 JKTM 12700 .
3. Waktu Pendaftaran
3.1. Pendaftaran secara online paling lambat tanggal 19 September 2013.
3.2. Berkas lamaran diterima Panitia paling lambat tanggal 22 September 2013, cap pos.
4. Ketentuan Pendaftaran
4.1. Panitia tidak menerima berkas lamaran yang diantar langsung.
4.2. Berkas lamaran yang dikirim selain alamat di atas atau melewati batas waktu yang telah ditentukan tidak akan diproses.
4.3. Pelamar yang hanya melakukan pendaftaran secara online namun tidak mengirimkan berkas atau hanya mengirimkan berkas namun tidak melakukan pendaftaran secara online, dinyatakan gugur.
VI. PELAKSANAAN SELEKSI
1. Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan BNP2TKI terdiri dari 2 (dua) tahapan utama yaitu: Seleksi Administrasi dan Seleksi berdasarkan Tes Kemampuan Dasar (TKD).
2. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan dipanggil mengikuti tahap selanjutnya yaitu Tes Kemampuan Dasar (TKD) dengan sistem Computer Asissted Test (CAT). Pelaksanaan TKD akan ditentukan kemudian.
3. Pengumuman mengenai hasil seleksi administrasi dapat dilihat melalui website : www.bnp2tki.go.id atau http://sscn.bkn.go.id/, paling lambat pada tanggal 28 September 2013
4. Pengambilan nomor ujian, serta lokasi tempat ujian akan diinformasikan kemudian.
5. Hasil TKD akan diumumkan melalui website: www.bnp2tki.go.id atau http://sscn.bkn.go.id/.
6. Penentuan kelulusan berdasarkan ranking nilai tertinggi yang diperoleh peserta yang melampaui passing grade.
7. Khusus untuk Pelamar Putra/putri Papua, mekanisme seleksi dan penyelenggaraan tes akan diumumkan kemudian.
VII. LAIN-LAIN
a. Seleksi masuk Calon Pegawai Negeri Sipil BNP2TKI tidak dipungut biaya dan Panitia tidak bertanggung jawab apabila terjadi pungutan dari pihak lain yang mengatasnamakan Panitia Pengadaan.
b. Surat lamaran yang sudah masuk ke panitia, dengan alasan apapun tidak dapat diminta kembali, oleh karenanya panitia tidak melayani permintaan kembali atas berkas lamaran baik langsung maupun tidak langsung.
c. Biaya transportasi dan akomodasi selama mengikuti tahapan tes/ujian ditanggung oleh pelamar.
d. Kelulusan pelamar pada setiap tahapan tes ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi pelamar. Apabila ada pihak/oknum yang menawarkan jasa dengan menjanjikan untuk dapat diterima menjadi CPNS di lingkungan BNP2TKI dengan meminta imbalan tertentu, maka perbuatan tersebut adalah penipuan. Panitia tidak bertanggung jawab atas perbuatan pihak/oknum tersebut.
e. Apabila pelamar memberikan data/keterangan yang tidak benar, dan di kemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes/ujian, maupun setelah diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil, BNP2TKI berhak membatalkan kelulusan tersebut dan/atau memberhentikan sebagai CPNS/PNS di lingkungan BNP2TKI, menuntut ganti rugi atas kerugian negara yang terjadi akibat keterangan yang tidak benar tersebut, dan melaporkan sebagai tindak pidana ke Pengadilan Negeri karena telah memberikan keterangan palsu
Jakarta 4 September 2013
Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian
Selaku
Ketua Tim Panitia Pengadaan CPNS BNP2TKI
ttd
Drs Herry Hidayat H, MM.
NIP 19570521 198303 1 002
Download Surat Pernyataan Umum (pdf 81kb)
Berita Terkait Lainnya :
- Unand melakukan Penelitian IT di lingkungan Pemprov. Sumbar
- Pelantikan Eselon III dan IV di Lingkungan Setda Prov. Sumbar
- Pelantikan Pejabat Eselon III dan IV Dilingkungan BPM Prov. Sumbar
- Dirjen PMD Menyerahkan Penghargaan Pelaksana Terbaik P2WKSS dan KSI Tahun 2013
- Kesepakatan Rapat Kerja Program/Kegiatan Pengelolaan Lingkungan Hidup Sumatera Barat Tahun 2015