Rapat Koordinasi Penilaian Transparansi Dana Desa se-Sumbar Tahun 2017

Rapat Koordinasi Penilaian Transparansi Dana Desa se-Sumbar Tahun 2017

Kegiatan Strategis Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 05 Oktober 2017 15:20:12 WIB


Rapat Koordinasi Penilaian Transparansi Dana Desa se-Sumbar Tahun 2017 dilaksanakan sehubungan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, tanggal 25 September 2017 bertempat di Ruangan Rapat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Jalan Pramuka No. 13 Khatib Sulaiman Padang.

Dalam Kegiatan Rapat Koordinasi Penilaian Transparansi Dana Desa se-Sumbar Tahun 2017 dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat, Senin (25/9).

Dalam sambutannya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Drs. H. SYAFRIZAL, MM mengatakan “penilaian keterbukaan informasi dana desa 2017 Sumbar adalah momentum menuju partisipasi penuh masyarakat. Penilaian transparansi dana desa se-Sumbar ini dilaksanakan sehubungan Hari Pers Nasional (HPN) 2018. Karena itu, diharapkan ada penilaian transparansi dana desa secara berjenjang, mulai dari kecamatan, kabupaten hingga tingkat provinsi”.

Drs. H. SYAFRIZAL, MM juga menyampaikan bahwa penilaian di tingkat kecamatan dan kabupaten berlangsung sepanjang bulan Oktober 2017. Bersamaan dengan itu Tim Provinsi Sumbar melakukan supervisi dalam rangka pembinaan, hingga akhirnya bulan November 2017 melakukan penilaian ke kabupaten/kota. Pokok-pokok penilaian transparansi dana desa ini meliputi ketersediaan dokumen, proses penyusunan dokumen RPJMDes, pemanfaatan dokumen, pelaksanaan kegiatan, pengawasan dan evaluasi.

Ikut memberikan arahan Pamong senior H. Basril Taher dan Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus. Pamong senior H. Basril Taher mengatakan “kita ingin mendapatkan keterbukaan aparatur mulai dari perencanaan, pelaksanaan serta azas pemanfaatan”. Sementara itu Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus mengatakan “dalam kegiatan penilaian transparansi dana desa ini sekaligus upaya untuk sosialisasi bahwa keterbukaan itu sangat penting di era sekarang ini. Hasil akhirnya adalah meningkatnya akuntabilitas dan partisipasi masyarakat.   

Kepala Bidang Pemerintahan Desa/Nagari E. RAHMAN, SE, M.Si dalam Laporan Panitia Penyelenggaraan menyampaikan bahwa peserta Rapat Koordinasi Penilaian Transparansi Dana Desa se-Sumbar Tahun 2017, yaitu : Kepala Dinas PMD se-Sumbar, Kabag Tata Pemerintahan se-Sumbar, Ketua PWI Kabupaten/Kota, Ketua DKP PWI, Pengurus PWI Sumbar.

Tujuan dari Penyelenggaraan Rapat Koordinasi Penilaian Transparansi Dana Desa Tahun 2017 : menjadikan transparansi sebagai budaya dalam setiap kegiatan di desa dan nagari.