UPAYA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI SUMATERA BARAT MENINGKATKAN KINERJA TENAGA PENYULUH LAPANGAN IKM

Industri dan Perdagangan BUDI SETIAWAN, ST, M.Si(Dinas Perindustrian dan Perdagangan) 29 September 2017 14:56:07 WIB


Dalam rangka mempercepat pertumbuhan industri kecil dan menengah di seluruh Indonesia, Kementerian Perindustrian RI menyelenggarakan  program Beasiswa Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) Industri kecil MENENGAH. Program ini telah berjalan dari tahun 2007.

Penerima beasiswa akan menjalani kuliah di unit pendidikan di lingkungan Kementerian Perindustrian selama 3 tahun setara dengan Program Diploma III atau selama 4 tahun setara dengan Program Diploma IV.

Setelah menamatkan perkuliahan penerima beasiswa akan ditugaskan sebagai Tenaga Penyuluh Lapangan IKM di Provinsi Masing-masing dengan system kontrak selama 2 (dua) tahun yang dilaksanakan. Selama masa kontrak tersebut, alumni juga akan memperoleh honorarium dan biaya operasional. 

Usai menjalani masa kontrak, yang bersangkutan diharapkan dapat mandiri sebagai wirausaha atau sebagai tenaga konsultan IKM di daerah yang bersangkutan, dan tidak lagi menjadi tanggungan Kementerian Perindustrian.

Dalam rangka meningkatkan kinerja TPL IKM Kemenperin, Dinas perindustrian dan Perdagangan Prov Sumatera Barat sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Pusat akan melakukan penilaan terhadap TPL, dengan adanya penilaian TPL ini diharapkan kinerjanya meningkat dan akan memberi manfaat bagi IKM.

Penilaian ini direncanakan akan dimulai tahun 2018 dan yang memperoleh nilai yang teritnggi diberi penghargaan. Dalam rangka penilaan tersebut Dinas Disperindag sudah memulai persiapan. salah satu persiapanya  menentukan indikator penilaian, penghargaan yang akan diberikan dan persiapan-persiapan lainnya .