Hasil Presentasi Bakal Investasi ke Hyderabad, India

Penanaman Modal AMRIZAL, S.Sos(Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu) 09 September 2013 05:53:18 WIB


Akhirnya BPMP Sumbar jadi berangkat ke Hyderabad India pada tanggal 18 Agustus – 23 Agustus 2013 bersama BKPMRI dan Kalimantan Timur. Topik utama dalam Investment Promotion Forum Indonesia di Hyderabad India adalah pelaksanaan promosi terpadu investasi di wilayah potensial Indonesia. Sumatera Barat dipilih sebagai salah satu peserta bersama Kalimantan Timur.

Hadir dalam acara tersebut sebanyak 55 undangan yang terdiri dari KADIN negara bagian Andra Pradesh, para pengusaha/perusahaan dan konsultan dari berbagai sektor investasi di India. Undangan lain yang hadir dalam kesempatan tersebut Konsul Jenderal RI untuk Mumbai Bapak Harianta Sutarto beserta Kepala Bagian Rumah Tangga, sementara di tingkat pusat hadir Subdit fasilitasi Promosi Daerah BKPM RI, Bapak M. Hanan. Mereka menyampaikan keynote speech dalam acara tersebut. Dari Sumatera Barat, hadir Ir. Masrul Zein sebagai Kepala BKPMP, dan Drs. Danang W.jati, Dipl. UM, MUP yang mempresentasikan potensi bakal investasi kepada calon investor India.

Investment Promotion Forum Indonesia di Hyderabad India diadakan bersama oleh Konjen RI di Mumbai dan KADIN Andra Pradesh tujuan utama dari kegiatan ini adalah memperkenalkan dan mengundang para pelaku investasi dan perdagangan India untuk melakukan bisnis dan investasi yang mempunyai prospek di Indonesia, yang paling utama di Sumatera Barat dan Kalimantan Timur. Investment Promotion Forum Indonesia di Hyderabad India terdiri dari beberapa kegiatan seperti seminar dan one on one meeting. Event ini juga menyediakan forum penting bagi para pelaku bisnis dan investor India untuk dapat mengetahui kondisi yang lebih detail dan jelas untuk dapat lebih meyakinkan mereka dalam berinvestasi di wilayah propinsi undangan dengan cara melakukan one on one meeting dengan pemain kunci bisnis di Indonesia.

Adapun agenda pertemuan di Hyderabad secara khusus adalah sebagai berikut:

• Pada hari Senin, tanggal 19 Agustus 2013 pukul 09.00 – 13.00 telah dilaksanakan persiapan pelaksanaan presentasi peluang investasi Sumatera Barat yang difokuskan pada peluang investasi di sektor energy, pertambangan, pariwisata, dan agro industri. Acara persiapan diadakan di kantor KADIN Andra Pradesh.

• Pada hari Selasa 20 Agustus 2013, pada pukul 14.00- 18.00 dilaksanakan acara puncak Investment Promotion Forum Indonesia dengan agenda sambutan-sambutan dari pihak India dan Indonesia serta presentasi dna one on one meeting. Dalam presentasi tersebut Sumatera Barat mendapat kesempatan presentasi pertama, setelah itu baru Kalimantan Timur dan kemudian disusul tanya jawab.

• Setelah diselingi dengan tanya jawab antara pihak delegasi RI dengan para calon investor, acara dilanjutkan dengan one on one meeting. Beberapa investor yang tertarik dengan tawaran investasi Sumatera Barat diantaranya adalah Varun dari Geo Syndicate yang berusaha di bidang energy terbarukan, Shenaz Rangwala yang tertarik dengan tawaran pembangunan infrastruktur kereta api, beberapa perusahaan pertambangan batubara, dan pedagang rempah.

• Pembicaraan one on one meeting fokus pada kemungkinan kerjasama di bidang energy, industri, sumberdaya, serta pembangunan infrastruktur terutama kereta api. Perusahaan yang intens melakukan one on one meeting dengan kami adalah Menu X Technology yang diwakili oleh Marketing Manager Mohammed Samiudin

• Dalam berbagai kesempatan, kami juga mengundang para investor untuk berkunjung ke Sumatera Barat dan secara khusus menghadiri acara Gelar Potensi Investasi Daerah dan Seminar Nasional Investasi yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober di Jakarta mendatang.