Pasar Raya akan Menjadi Wisata Kuliner dan Belanja

Pasar Raya akan Menjadi Wisata Kuliner dan Belanja

Pariwisata NOVIARDI SYAM(Dinas Pariwisata) 31 Agustus 2017 10:32:11 WIB


Padang - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat akan menjadikan Pasar Raya sebagai objek wisata khususnya dalam bidang kuliner dan jual beli.

"Kami akan benahi beberapa sudut Pasar Raya seperti penambahan pedestrian dan penataan pedagang," kata Wali Kota Padang Mahyeldi, dikonfirmasi di Padang, Senin (28/8/17).

Menurut Mahyeldi berada di tengah kota dan dekat dengan objek wisata lainnya seperti pantai, Pasar Raya cukup representatif jadi magnet wisata Padang.

Nantinya, sebut dia akan ada pedestrian di sepanjang jalan Muhammad Yamin seterusnya ke Permindo, sehingga wisatawan nyaman berbelanja atau sekedar berjalan santai.

"Saat ini kami telah membangun gedung berblok-blok dan dilanjutkan dengan fase per fase, sehingga bangunan tertata rapi," ujarnya.

Kemudian jalan, areal parkir, dan terminal angkutan kota juga segera ditata untuk mendukung tujuan tersebut.

"Tidak hanya siang, namun Pasar Raya akan dijadikan destinasi wisata malam," tambahnya.

Diskenariokan kata Mahyeldi, wisatawan dapat turun di depan Masjid Taqwa kemudian bisa melakukan perjalanan keliling pasar dengan berjalan kaki melalui pedestrian yang dibangun.

Setelah itu perjalanan berakhir di ujung jalan Permindo yang terdapat plaza pasar rakyat.

Pada waktu malam tersebut, pihaknya akan bekerja sama dengan sejumlah seniman dan lembaga budaya untuk menggelar pertunjukkan seni sederhana di sepanjang pedestrian.

"Untuk jalan Permindo, konsepnya sudah duduk tinggal disempurnakan sedangkan yang lain tahap pengerjaan," ujarnya.

Dia berharap upaya ini bisa semakin meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Padang.

Sementara itu pengamat bidang ekonomi pembangunan dari Universitas Andalas (Unand), Prof Dr Werry Darta Taifur mengatakan pemerintah perlu memperkuat sarana dan prasarana di Pasar Raya guna menjadikannya destinasi wisata.

Pembangunan infrastruktur, katanya amat mendukung percepatan kemajuan dalam pariwisata Padang tersebut. (*)

www.sumbar.travel