Sinergi Humas: Beritakan Kesehatan, Beritakan Kebenaran

Kesehatan Indra, S.Kom(Dinas Kesehatan) 27 Maret 2017 09:57:52 WIB


eran hubungan masyarakat (Humas) kesehatan dalam mengkomunikasikan kebijakan dan program kesehatan masyarakat sudah menjadi sebuah kewajiban yang tidak terbantahkan. Mulai dari upaya komunikasi, diseminasi informasi dan sosialisasi secara massive kepada seluruh stakeholder dan masyarakat, serta framing positif bagi organisasi sangat diharapkan agar tercapai percepatan pemahaman program secara utuh pada semua sektor dan masyarakat. Guna mewujudkan hal tersebut, Humas harus mampu memaksimalkan semua kanal dan saluran informasi, serta mampu berkoordinasi antar lembaga baik di Daerah maupun di Pusat, serta dengan media massa.

Terdapat kerikil kecil yang berpotensi menghambat upaya keras yang telah dilakukan Humas dalam mengkomunikasikan kebijakan dan program kesehatan. Di era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi saat ini yang belum sejalan antara pemanfaatan dan pengetahuan masyarakat. Kurangnya tanggung jawab masyarakat terhadap isi informasi dalam sebuah publikasi berujung pada maraknya hoax (berita bohong). Bahkan, hoax bidang kesehatan pun kian hari kian marak bermunculan di media mainstreem, konvensional, dan media sosial.

'Informasi kesehatan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Keberadaan hoax di bidang kesehatan ini sangat merugikan masyarakat yang membutuhkan informasi kesehatan yang benar', ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes, pada acara Pertemuan Humas Kemenkes dan Dinkes Provinsi Tahun 2017 yang bertajuk Sinergi Humas dalam Publikasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di salah satu Hotel di kawasan Tunjungan Surabaya, Kamis pagi (23/3).
- See more at: http://www.depkes.go.id/article/view/17032300002/sinergi-humas-beritakan-kesehatan-beritakan-kebenaran.html#sthash.yyQnFJGd.dpuf