7 Masalah kesehatan akibat kurang minum air

Uncategorised Indra, S.Kom(Dinas Kesehatan) 23 Januari 2015 00:34:33 WIB


Merdeka.com - Air memegang peran penting dalam kesehatan tubuh. Sama halnya dengan kelebihan minum air, kekurangan konsumsi air pun bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan. Selama ini orang berpikir bahwa kurang air bisa berbahaya untuk ginjal. Namun sebenarnya tak hanya sakit ginjal saja yang bisa muncul akibat kurang minum. Ada banyak masalah kesehatan lainnya yang bisa Anda alami karena kurang minum air.

Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang bisa muncul jika Anda tak memenuhi kebutuhan cairan tubuh, seperti dilansir oleh Health Site (20/01).

1. Kehilangan garam dan cairan tubuh
Kurang minum bisa membuat tubuh kekurangan garam dan cairan tubuh. Tubuh tak bisa berfungsi dengan baik tanpa kadar cairan dan garam esensial yang penting. Kekurangan garam dan cairan bisa menyebabkan beberapa kondisi seperti mulut kering, mata kering, dan dehidrasi yang bisa menyebabkan masalah kesehatan fatal.

2. Peningkatan tekanan darah
Hipertensi sangat umum dialami oleh orang yang kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. Ketika sel tubuh kekurangan air, tubuh akan memberikan sinyal pada otak untuk mengeluarkan zat kimia bernama vasopressin. Zat ini menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan memicu tekanan darah tinggi.

3.Kelelahan
Dehidrasi dan kekurangan air bisa memicu rasa lelah. Ini karena jaringan dan sel dalam tubuh tak memiliki cukup cairan, kegiatan enzim pun melambat, dan mencegah tubuh memproduksi energi.

4. Masalah pencernaan dan konstipasi
Kurang air juga mengganggu sistem pencernaan dan bisa menyebabkan konstipasi. Air dibutuhkan tubuh untuk mengolah makanan yang masuk dan mengeluarkan makanan yang tak dapat dicerna. Kekurangan air bisa memicu penumpukan racun dalam tubuh dan konstipasi. Masalah lainnya yang bisa muncul adalah kembung, sakit perut, mual, dan kehilangan nafsu makan.

5. Penambahan berat badan
Banyak orang yang salah mengartikan rasa haus dengan lapar. Ini membuat mereka makan lebih banyak dan menyebabkan berat badan bertambah. Sisi lainnya, jika Anda memenuhi kebutuhan carian tubuh, metabolisme akan bekerja dengan maksimal dan membantu Anda menurunkan berat badan.

6. Infeksi saluran kemih
Kurang minum air juga bisa menyebabkan infeksi saluran kemih yang menyakitkan dan serius. Beberapa gejalanya seperti sensasi terbakar saat buang air kecil, sakit punggung, urine berwarna gelap dan keruh, atau mengandung darah.

7. Kram otot
Kekurangan air bisa memicu kram. Kram bisa terjadi ketika kontraksi otot tak mendapatkan cukup air dan sodium di sekitarnya. Ini menyebabkan otot menjadi lebih sensitif dan mudah kram.

Itulah beberapa masalah kesehatan yang bisa disebabkan oleh kurang minum air. Penuhi kebutuhan cairan Anda setiap hari dan jangan sampai kurang minum. Tak hanya masalah pada ginjal saja, kurang minum air bisa menyebabkan banyak masalah lain seperti di atas.