SATGAS SABER PUNGLI DILAUNCHING

Berita Utama () 18 November 2016 16:49:23 WIB


 

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno 18 November 2016 melaunching sekaligus mengukuhkan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Provinsi Sumatera Barat di Gedung Sabhara Polda Sumatera Barat jalan Sudirman Padang. Hadir pada kesempatan ini seluruh anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Provinsi Sumatera Barat, dan berapa orang Bupati diantaranya Bupati Kabupaten Sijunjung Yuswir Arfin, Bupati Kabupaten Solok Selatan, Muzni Zakaria, dan Wakil Bupati Padang Pariaman Suatri Bur.

 

Dalam pidato sambil berpantun Bapak Irwan Prayitno menyampaikan bahwa korupsi telah merusak mental anak bangsa Indonesia untuk itu kita harus memberantas Korupsi ini dengan slogan “SAPU BERSIH PUNGUTAN LIAR”, dimana pungutan liar atau suap merupakan perbuatan yang dilarang oleh Undang-undang dan agama. Bapak Gubernur juga mengutip pendapat Bapak Presiden Joko Widodo  saat pertemuan Gubernur se Indonesia pada tanggal 20 Oktober 2016 yang lalu, bahwa  seribu rupiahpun yang dipungut tanpa aturan merupakan perbuatan Pungli, Pungutan Liar bukan dilihat dari besar dan kecilnya tetapi perbuatannya itu yang merusak mental anak bangsa. Pungli dapat menurunkan kesejahteraan rakyat dan dapat pula menurunnya daya saing  bangsa Republik Indonesia

 

IP juga menekankan dan berpesan bahwa setiap pungutan harus ada dasar hukumnya, diluar itu berarti melaksanakan pungutan  liar, untuk itu para aparat berhati-hatilah dalam melaksanakan tugas, karena menghilangkan pungli juga termasuk dalam memberikan pelayanan yang baik kepada public, jangan sampai terjadi  Operasi tangkap Tangan (OTT) terhadap aparat,  dan jangan sampai pula terjadi Pagar Makan tanaman, artinya jangan sampai anggota Satgas Saber Pungli yang melakukan Pungli sehinga tertangkap pula oleh Satgas Saber Pungli, kalau hal ini sampai terjadi tentu sangat memalukan sekali.

 

Politi PKS ini juga mengatakan bahwa apabila ada ASN Provinsi Sumatera Barat yang ketahuan melakukan Pungli, hukumannya sangat berat dan bisa pula dipecat. Di harapkan kepada para pimpinan juga harus bertindak tegas terhadap pemberantasan Pugli ini di instansi masing-masing, ibarat air harus dibersihkan di hulunya dulu sehingga di hilirnya akan bersih, untuk itu sikat saja yang melakukan Pungli.

 

Mantan anggota DPR RI ini juga  berharap masalah ini mohon disampaikan kepada Bupati dan Wali Kota yang tidak sempat hadir saat ini bahwa kegiatan Launching ini buka hanya sekedar seremoni belaka, tetapi ini adalah merupakan bentuk keseriusan Pemerintah mulai dari Pusat sampai ke Kabupaten Kota untuk memberantas Pungutan Liar di tanah Air tercinta ini, demikian IP menutup pidatonya.

 

Anggota Satgas Saber Pungli Provinsi Sumatera Barat berjumlah 171 orang, dan sebagai penanggungjawab adalah Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayino, Ketua Pelaksana Kombes. Drs. Syamsul Bachri, IRWASDA POLDA Sumbar, Wakil I, Erizal. SH Kepala Inspektorat Provinsi Sumatera Barat, Wakil ketua II Sri Astuti  Yulia. SH  Aswas Kejati Sumatera Barat dan Sekretaris AKBP Nurtjahyo, IRBIDOP ITWAS POLDA Sumbar. Semoga Tim ini dapat bekerja dengan baik dalam pemberantasan Pungli di Sumatera Barat…Semoga…. (by. Akral)