Sosialisasi KOTAKU

Berita Utama () 02 November 2016 11:52:19 WIB


Gubernur Sumatera Barat diwakili Asisten Administrasi Ekonomi Pembangunan dan Kesra Setda Prov. Sumatera Barat Ir. Syafruddin, 2 November 2016 membuka secara resmi Lokakarya Sosialisasi & Workshop Strategi Komunikasi Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Provinsi Sumatera Barat di Kyriad Hotel Padang.


Dalam pidatonya beliau menyampaikan bahwa melaksanakan pembangunan pada hakikatnya kita melakukan usaha meningkatkan kualitas SDM agar lebih meningkat daya saing kita dalam menghadapi tantangan hidup di dunia ini.


Lebih jauh pak Syaf menyampaikan, dimana penduduk di perkotaan lebih banyak dan selalu meningkat jumlahnya setiap tahun, sementara luas wilayah perkotaan tidak bertambah, untuk itu diperlukan penataan dan pengelolaan pemukiman yang baik betul-betul diperlukan. Mulai dari penataan pemukiman, sanitasi, fasilitas umum dan fasilitas sosial jelas peruntukan dan jelas pula tata ruangnya oleh Pemerintah daerah masing-masing. Khusus di wilayah pemerintah Kabupaten, tata ruang untuk pemukiman harus jelas penataannya, karena masyarakat di kabupaten sebaran penduduknya kurang teratur dan kurang merata dengan jarak antar penduduk yang jauh dan luas. Sehingga masyarakat membangun rumah kurang memperhatikan tata ruang dan kecenderungannya kurang teratur. Hal ini disebabkan belum adanya kebijakan tentang tataruang pemukiman, akibatnya untuk membangun jalan dan sanitasi menjadi sulit.


Harapan kedepan, semoga masalah ini menjadi perhatian kita bersama, baik pemerintah, masyarakat dan stake holder serta pemerhati Kawasan Tanpa Kumuh. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sangat menyambut baik program ini, dan diharapkan Stake Holder dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Kota.


Selanjutnya ketua pelaksana EkoJuandri. ST.MT menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan program kota tanpa kumuh kepada masyarakat, dan menumbuh kembangkan kota sehat, bersih dan asri sehingga kota yang Madani dapat terwujud di Nusantara ini. Peserta Kegiatan ini diikuti oleh LSM yang bergerak di bidang Kota Tanpa Kumuh, SKPD terkait, BAPPEDA beberapa Kabupaten dan Kota, Perguruan Tinggi serta awak media yang berjumlah 70 orang


Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dirjen Cipta Karya Kementerian PU melalui Satuan Kerja Prgram Kota Tanpa Kumuh ( KOTAKU) tahun anggaran 2016, demikian pak Eko menutup laporannya. (by. Akral)