Inilah Tips Sehat Puasa bagi PNS

Layanan Kesehatan Indra, S.Kom(Dinas Kesehatan) 05 Oktober 2016 14:12:21 WIB


Nah, untuk itu bagi kita yang mempunyai banyak kesibukan maupun pekerjaan kantoran yang waktu kerja kita diatur oleh jadwal rutin yang sudah permanen. Kita bisa melakukan tips menjaga kesehatan ala Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Indramayu. Berikut tips menjaga kesehatan selama bulan ramadhan ala Staf Pelaksana Humas dan Protokol Setda Indramayu, Deni Sanjaya:

1. Saat Sahur

Ketika sahur sebaiknya hindari makanan yang manis atau terlalu banyak gula, karena asupan makanan/minuman yang manis akan menyebabkan tubuh yang lemas pada siang hari saat berpuasa. Paling baik ketika sahur adalah meminum susu karena susu akan mencegah anemia yang menyebabkan badan lemas pada siang harinya.

Selanjutnya menu yang disajikan sebaiknya yang mengandung air yang banyak atau buah, sehingga tubuh tidak dehidrasi parah saat berpuasa, kurma juga dapat membuat tubuh bugar seharian. Bila tidak menyukai buah saat sahur dapat meminum jus buah saja karena cukup baik untuk pencernaan dan sebaiknya hindari fast-food, gorengan atau makanan pedas saat sahur karena akan mengganggu pencernaan pada siang harinya.

2. Saat Berpuasa

Kerjakan tugas-tugas anda dengan perlahan tapi pasti, jangan menumpuk pekerjaan yang dapat membuat stress. Karena strees juga menyebabkan otak lelah dan akhirnya perut terasa lebih lapar. Istirahatlah sejenak, pakailah jam istirahat anda untuk tidur sejenak. Setelah shalat dzuhur adalah waktu terbaik untuk tidur sejenak, tidur selama 15 menit saja sudah dapat membangkitkan kembali semangat.

Dan lakukan olahraga ringan seperti peregangan atau berjalan kaki saat berpuasa sangat disarankan, selain membantu menjaga berat badan, olahraga juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dan menjaga kebugaran tubuh.

3. Saat Berbuka

Segeralah berbuka namun jangan kalap. Awali berbuka dengan yang manis setelah itu dahulukan sholat Magrib agar perut tidak kaget, barulah makan-makanan kesukaan anda. Dan jika kebetulan anda berbuka di jalan, jangan lupa menyiapkan ta’jil dari sebelum anda berangkat, kurma adalah makanan ta’jil terbaik untuk membatalkan puasa.