Peserta Pertikabumi Berbaur dengan Petani

Berita Utama RASMUNALDI, ST(Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan) 27 Juni 2013 05:39:00 WIB


Memasuki kegiatan bhakti, peserta Perkemahan Saka Taruna Bumi di Bumi Perkemahan SMK PP/BBI Lubuk Minturun berbaur dengan petani di Kawasan Pertanian dan Agrowisata Lubuk Minturun. Mereka melakukan kegiatan bakti pertanian sebagai bentuk kepedulian terhadap pembangunan pertanian.

Dalam pelaksanaan Pertikabumi ini, pelaksana memang merancang berbagai kegiatan bakti pertanian. Ada 5 bakti utama yang dilakukan, yakni Bakti Tanaman Pangan berupa sosialisasi PTS di Kelompok Tani Simpang Lubuk Minturun, bakti perkebunan dengan penanaman 3000 batang tanaman karet dan 1000 batang kakao, Bakti Hortikultura berupa penanaman Jambu Bol di pekarangan warga, bakti perikanan dengan melepas bibit ikan lele dan kolam terpal, dan bakti peternakan dengan menanam Hijauan Makanan Ternak di Koto Panjang.

Sebelum melakukan penanaman, peserta yang didampingi dari dinas terkait terlebih dulu melakukan bakti non fisik berupa penyuluhan. Para anggota langsung tampil dihadapan petani.

"Saya sangat senang bisa tampil menyuluh dihadapan petani. Ini menjadi bekal sekaligius menambah keterampilan kalau terjun di dunia pertanian nantinya,"ucap Ayessa Nabila, peserta Pertikabumi dari Sumatera Salatan.

pramuka3Ir. Aidil Gufti Uska, Kepala Balai Perlindungan Tanaman Perkebunan mengucapkan kalau kegiatan Bakti Perkebunan di acara Pertikabumi tersebut sangat bermanfaat bagi petani. "Kami bisa bekerjasama dengan adik-adik anggota Saka dalam mensosialisasikan pengendalian hama perkebunan,"ucapnya.