RAKOR PENGEMBANGAN PERMODALAN DAN USAHA KOPERASI

RAKOR PENGEMBANGAN  PERMODALAN DAN USAHA KOPERASI

Berita Utama () 19 Mei 2016 11:51:42 WIB


Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM RI dan Pemerintah Daerah dalam beberapa tahun ini memprogramkan revitalisasi koperasi demi terciptanya koperasi berkualitas. Untuk mendukung hal tersebut pemerintah memfasilitasi bantuan sarana peralatan pertanian, sarana peralatan pakan ternak dan sarana permodalan. Dalam hal permodalan di fasilitasi melalui penyediaan dana LPDB, Kemitraan BUMN, KUR dan lainnya. Untuk lebih terpokusnya pembinaan dimaksud, Dinas Koperasi dan UMKM provinsi Sumatera Barat mengadakan rapat koordinasi “ Pengembangan Permodalan dan Usaha Koperasi Sektor Pertanian dengan Instansi terkait”.

Rapat koordinasi ini diadakan pada hari Rabu tanggal 18 Mei 2016 di ruang rapat Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumatera Barat dengan jumlah peserta sebanyak 55  orang terdiri dari 32 orang dari pengurus KUD yang jadi target Program Revitalisasi di 19 Kabupaten/Kota dan 23 orang dari pembina di kabupaten/kota dan Provinsi.

Narasumber rakor ini berasal dari BRI Wilayah Sumatera Barat Bapak Yusran dengan judul materi “Jenis-jenis Skim kredit / skema Pembiayaan yang dapat diakses oleh koperasi dan UMKM” serta dari PT. Jamkrida Sumatera Barat Bapak alyendra dengan judul materi “Bentuk-bentuk Penjaminan Pembiayaan Usaha Koperasi, UMKM”

Melalui Rakor ini, koperasi sektor pertanian memperoleh informasi sumber-sumber pembiayaan yang dapat diakses untuk pengembangan usahanya melalui informasi dari Instansi terkait di Kabupaten/Kota khususnya lembaga keuangan dalam pengembangan permodalan dan usaha koperasi.