Percepat Pembangunan Mentawai

Percepat Pembangunan Mentawai

Berita Utama Jojon(Biro Humas) 29 April 2016 20:56:03 WIB


Mentawai,Kunjungan ke Kepulauan Mentawai Kamis (28/4) bersama Menko PMK, Menkes, dan Mensos, serta Kepala BNPB dalam rangka meninjau pembangunan insfrastruktur dan sosial di Kepulauan Mentawai. Pembangunan Huntap (Hunian Tetap) akibat Tsunami sudah hampir 100% selesai 936 unit di Pagai Selatan, 613 unit di Pagai Utara dan 513 unit di Sipora Selatan. Sisa 57 unit saat ini sedang penyelesaian.

“ Saya minta Gubernur dan Bupati Kepulauan Mentawai berkoordinasi mengenai data penerima huntap, karena saya mendengar masih ada kesimpangsiuran data korban tsunami 2010 silam yang sudah dan belum mendapat huntap.

Selain itu tolong siapkan anggaran untuk pembangunan infrastruktur, tegas Puan Maharani yang datang ke Mentawai mengunakan Helikopter Puma.

Puan meminta itu sebagai bagian dari persiapan pencairan alokasi dana rehabilitasi rekonstruksi (RR) anggaran sebesar Rp 198 Miliar. Sebelumnya alokasi ini sempat ditarik kembali ke pusat setelah limit pembangunan huntap korban tsunami Mentawai tahun 2010 silam melewati batas waktu yang ditentukan.

Nantinya bantuan itu akan diturunkan untuk pemberdayaan ekonomi dan sosial masyarakat. Dalam kesempat itu Puan juga berjanji secepatnya menuntaskan Distribusi KIS (Kartu Indonesia Sehat), KIP (Kartu Indonesia Pintar) dan KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) akan dituntaskan kepada masyarakat.

“ Segera kita distribusikan ketiganya,” janji Puan yang juga berkesempatan menyerahkan bantuan mobil untuk antar jemput sekolah, buku-buku sekolah, kitab suci dan lainnya.

Terkait pembangunan Infrastruktur di Mentawai, diakui Puan, sekarang mulai bergerak. Salah satunya terlihat dari pembangunan Trans Mentawai.

Dia berharap pembangunan infrastruktur tersebut dapat menyebar secara merata keseluruh wilayah di Mentawai. Acara dilaksanakan di Pagai Selatan yang berada di tepi jalan trans Mentawai yang sedang dibangun. Diharapkan pembangunan jalan ini segera selesai.

Selain infrastruktur menurut Puan Pemerintah juga memperhatikan masalah pendidikan, kesehatan, dan ekonomi masyarakat Kepulauan Mentawai. Pembangunan infrastuktur dan sosial di  Kepulauan Mentawai akan terus berkelanjutan. Sehingga, akan membantu peningkatan aksesibilitas dan kemudahan distribusi barang dan jasa.

“ Kami  minta koordinasi dengan Kepala Daerah dan komitmen kementerian, serta lembaga segera melaksanakan program secara terintegrasi di Mentawai,” harap Puan.

Sementara itu Mensos Khofifah Indar Parawansa menegaskan pendistribusian dana bantuan sosial, termasuk bantuan PKH ( Program Keluarga Harapan). Dia mewanti wanti tidak ada pemotongan terhadap bantuan tersebut. “kalau yang bilang ada pemotongan saya pangil,” katanya.

Ikut memberikan sambutan Gubernur Irwan Prayitno berharap kehadiran Menko PMK dan Mensos bukanlah kunjungan semata. Namun diikuti sejumlah kebijakan dan program. Sehingga, bisa lebih mensejahterakan masyarakat Mentawai.

Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet menjelaskan, pembangunan huntap telah mencapai 96 persen dari 2.072 huntap, “kami berharap Menko PMK Ibu Puan Maharani, membantu Mentawai guna mempercepat pembangunan masyarakat, terutama di lokasi huntap,” harapnya Yudas.

Sementara untuk peningkatan kualitas pendidikan yang masih menjadi perhatian, terutama pada pendidikan dasar, kami meminta Dirjen PAUD dan Pendidikan Dasar Menengah, untuk segera mendirikan lembaga PAUD dan sekolah-sekolah berkualitas.

Demikian juga dengan kualitas kesehatan masyarakat, jumlah rumah sakit akan ditambah dan mendatangkan tenaga-tenaga kesehatan untuk mengisi pos di Kepulauan Mentawai.

Yudas juga berharap juga dibantu program rumah dinas bagi PNS, TNI dan Polri. (***)