PELATIHAN KONSELOR DAN PENDIDIKAN SEBAYA BAGI ANGGOTA PIK REMAJA

Berita Utama () 29 April 2016 09:58:49 WIB


Dalam mewujudkan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja), sangat dibutuhkan konselor sebaya dan pendidik sebaya, karena konseling teman sebaya adalah program bimbingan dilakukan oleh siswa terhadap siswa yang lainnya. Siswa yang menjadi pembimbing sebelumnya diberikan latihan atau pembinaan oleh konselor, diharapkan dapat memberikan bantuan baik secara individu maupun kelompok kepada teman-temannya yang bermasalah atau mengalami berbagai hambatan dalam perkembangan kerpibadiannya. Remaja cendrung berbagi permasalahan dan lebih terbuka dengan teman sebaya.

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi anggota PIK Remaja agar mampu menjadi konselor dan pendidik remaja, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Kb Provinsi Sumatera Barat telah melaksanakan Pelatihan konselor dan pendidik sebaya bagi anggota PIK Remaja Kabupaten/Kota se Sumatera Barat Tahun 2016. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberikan keterampilan dan memahami prinsip dasar sebagai konselor sebaya dan pendidik sebaya utnuk tiap PIK Remaja Kabupaten/Kota dan terwujudnya Tegar Remaja yaitu remaja yang berperilaku sehat terhindar dari resiko TRIAD KRR ( seksualitas, HIV AIDS serta Napza).

Pelatihan yang dilaksanakan dalam 3 (tiga) angkatan dimulai pada tanggal 5 sampai dengan 19 April 2016, tiap angkatan berjumlah 35 orang peserta yang terdiri dari pengurus dan anggota PIK Remaja Sekolah Kabupaten Kota Se Sumatera Barat.

Masa remaja adalah masa transisi yang unik, khususyang ditandai berbagai perubahan fisik, emosional dan psikis, dan hal ini bisa membingungkan remaja yang mengalaminya, oleh sebab itu mereka perlu bimbingan, dukungan dan pengertian lingkungan sekitar agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa yang sehat fisik dan mental paparan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Provinsi Sumbar pada pembukaan kegiatan Pelatihan Koselor dan Pendidikan Sebaya Bagi Anggota PIK Remaja Tahun 2016 di Aula Kantor BPM Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 5 April 2016.

Selanjutnya melalui pelatihan ini diharapkan peserta bisa menjadi konselor yang handal, berkualitas dan mampu memberikan informasi, konseling dan pelayanan tentang permasalahan remaja sekitarnya, sehingga konselor remaja peduli dan peka terhadap permasalahan teman-teman remaja sekitarnya.

Download