MENGHADIRI RAPAT PARIPURNA

MENGHADIRI RAPAT PARIPURNA

Berita Utama () 03 Maret 2016 14:23:09 WIB


Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Dr. H. Ali Asmar. MPd mewakili Gubernur Sumatera Barat menghadiri  Rapat Paripurna di ruang Rapat Utama Gedung DPRD Provinsi Sumatera Barat di Jalan Khatib Sulaiman Padang  Kamis 3 Maret 2016, adapun agenda rapat adalah membahas 5 (lima) Ranperda yaitu:

  1. Ranperda tentang Tuntutan Ganti Kerugian Daerah
  2. Ranperda tentang Pembinaan dan Pemberdayaan Pasar Rakyat
  3. Ranperda Perubahan Atas Perda No. 1 Tahun 2011 tentang Retribusi Umum
  4. Ranperda tentang Rencana Pembangunan dan pengembangan Perumahan dan Kawasan Pemukiman
  5. Ranperda Penyelenggaraan Imunisasi

 

Seluruh fraksi di DPRD memberikan masukan, saran dan tanggapan serta pertanyaan,  diantaranya  adalah: apakah Pasar Ternak termasuk Pasar rakyat, bagaimana melakukan pembinaan Pasar Rakyat, adanya pasar rakyat yang  dikelola oleh Pemerintah kabupaten dan Kota, oleh Pemerintah Nagari dan oleh SKPD tertentu, ada pula yang menyarankan untuk mengadopsi manajemen Pasar Modern untuk mengelola Pasar Rakyat, ada juga yang menyarankan untuk mengikutsertakan tokoh masyarakat seperti ninik mamak, cadiak pandai dan tokoh agama seperti MUI, terutama dalam masalah Pasar Nagari dan Imunisasi, tentang pemetaan daerah rawan bencana dan sebagainya.

 

Adapula yang  bertanya apabila lima Perda ini diimplemetasikan nanti akan menambah PNS baru dan SKPD, beberapa fraksi berharap dengan adanya Perda ini kualitas pelayanan akan semakin meningkat dan sebagainya. Apabila dicermati kelihatannya, seluruh fraksi juga sangat mendukung untuk melanjutkan pembahasan ke lima Ranperda ini untuk dijadikan Peraturan Daerah (Perda). Gubernur akan memberikan jawaban atas tanggapan masukan dan pertanyaan fraksi-fraksi ini pada sidang selanjutnya.

 

Rapat Paripurna ini juga dihadiri oleh Kepala SKPD, instansi Pemerintah, FORKOPIMDA, partai Politik, perwakilan Organisasi Masyarakat dan sebagainya. (By. Akral)