POTRET SOSIAL EKONOMI NELAYAN SIKAKAP

POTRET SOSIAL EKONOMI NELAYAN SIKAKAP

Berita Utama NONONG HANUGRAH, A.Md(Dinas Kelautan dan Perikanan) 21 Januari 2016 20:17:19 WIB


Isu kesejahteraan nelayan masih menjadi prioritas dalam pembangunan kelautan dan perikanan. bagaimana tidak, nelayan menajadi isu central dalam kegiatan perikanan karena nelayan lah ujung tombak dari aktivitas tersebut. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya kesejehteraan nelayan diantaranya bisa di lihat dari sisi sosial ekonomi. Ketergantungan nelayan pada tengkulak atau jurangan sangat tiinggi. Harga ikan fluaktuatif,  terutama saat hasil tangkapan melimpah, jaminan keselamatan pada nelayan juga tidak ada, padahal mereka bekerja dengan resiko yang tinggi. belum lagi masalah keterbatasan modal, selain terbatas bunga pinjaman nelayan sangaat tinggi. Jika china memberikan bungua 5% dan malaysia 4.5%, Indonesia jauh di atas itu. selain bunganya tinggi sangat sedikit pula bank mau memberikan pinjaman kepada nelayan karena tidak jelas agunannya.


Para nelayan setiap akan melaut pasti akan berhadapan dengan masalah modal dan uang karena tidak bisa tergantung sepenuhnya dengan pemerintah. belum lagi nelayan harus memikirkan keluarga yang di tinggalkan melaut yang berbulan bulan. biaya harian istri, uang sekolah anak dan kebutuhan kebutuhan lainnya. jika tidak berhutang kepada tengulak kemana tempat nelayan meminjam uang yang saling menguntungkan?. ternyata meminjam kepada tengkulak sangat merugikan nelayan. saya pernah melakukan penalitian skripsi dan meneliti kondisi sosial ekonomi nelayan, nelayan meminjam kepada tengkulak dengan perjanjian hasil tangkapannya harus di jual kepada tengkulak tersebut sedangkan harga ikan di tentukan oleh tengkkulak dengan harga ynag sangat rendah. begitupun yang saya temukan di lapangan saat ini.

UPTD PPP Sikakap akan terus berkomitmen memberikan pelayanan kepada nelayan sikakap. membantu dan mendorong perekonomian nelayan agar menuju ke taraf sejahtera. Permasalahan-permasalahn klasik seperi permodalan pada dasarnya adalah bayangan yang menghantui nelayan yang menurunkan semangat nelayan. Jika kita bersama-sama antara pemerintah dan nelayan saling bahu membahu membangun perikanan di sikakap maka terwujud suatu kesinambungan dalam pengelolaan perikanan sikakap. Upaya UPTD PPP Sikakap melakukan pembinaan, menyediakan fasilitas dan memberikan informasi mengenai bantuan-bantuan yang diperuntukkan untk nelayan merupakan langkah serius dalam bekerja untuk membantu mensejahterakan masyarakat sikakap.

By : Cici Anggara, S.Pi. MP