RAPAT TEKNIS SIPKD AKRUAL MODUL AKUNTANSI

Berita Utama () 22 Juni 2015 03:09:46 WIB


Padang - Rapat Teknis SIPKD Akrual Modul Akuntansi, bertempat di Aula Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 17 Juni Mei 2015 dihadiri oleh Operator Akuntansi dari seluruh SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Rapat yang di buka oleh Kepala Bidang Sistem Informasi yaitu Bapak Suhendri, S.Kom, Msc serta Kepala Bidang Akuntansi Ibuk Desi Heranof, serta di hadiri oleh Tim Pengembang yang pada kesempatan tersebut di wakili oleh Bapak Tresna dan Jefry Rama Saputra, S.Kom

Pada kesempatan itu Kepala Bidang Sistem Informasi ingin mengetahui sejauh mana kemampuan operator dalam mengimplementasi aplikasi SIPKD akrual ini di SKPD masing-masing dimana aplikasi ini telah berjalan sejak awal tahun 2015 dan kendala-kendala apa saja yang ditemukan di lapangan dengan mempergunakan aplikasi tersebut.

Dari Kabid Akuntansi, menyampaikan supaya setiap operator Akuntansi setiap SKPD melakukan maping rekening yang belum ada pada Permendagri nomor 64. Selain itu juga disampaikan bagaimana mekanisme penjurnalan baik jurnal LO dan LRA, serta bagaimana SKPD melaksanakan proses pembuatan neraca  semester I tahun 2015 dan mekanisme diagram alur proses penerimaan sampai penjurnalan.

Sementera itu dari pihak vendor aplikasi yakni PT. Usadi kembali memberikan arahan dan petunjuk secara garis besar tentang bisnis proses aplikasi versi lama yang berbasis kas dengan versi yang baru yang berbasis Akrual.

Dalam sesi tanya jawab antara peserta rapat dengan narasumber baik yang dari Bidang Sistem Informasi maupun dari PT. Usadi, para peserta menyampaikan bahwa dilapangan masih ada ditemukan beberapa kekurangan-kekurangan yang terdapat dalam Aplikasi SIPKD Akrual ini dan hal tersebut memang di akui oleh vendor mengingat pengimplementasian dari SIPKD Akrual ini baru berjalan lebih kurang 5 bulan. Untuk itu kedepan dari pihak vendor berjanji akan segera dan secepat mungkin melakukan perbaikan-perbaikan sehingga kedepan diharapkan aplikasi SIPKD Akrual yang di implementasikan di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat ini bisa mendekati sempurna dimana muaranya nanti adalah tercipta laporan-laporan keuangan yang sudah valid. 

 ( Bidang SI )