Gubernur Canangkan BBGRM di Nagari Kunpar

Berita Utama () 01 Mei 2013 12:17:07 WIB


KUNPAR – Sesuai Rencana Rabu (1/5) ini Gubernur Saumbar Irwan Prayitno akan mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK tingkat Sumatra Barat di Nagari Kunangan Parik Rantang (Kunpar), Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sujunjung.

Kunpar ditunjuk jadi tempart pencanangan BBGRM tahun 2013 dan HKG PKK ke-41 tingkat Sumbar, berkaitan dengan terpilihnya nagari ini sebagai terbaik pertama di tingkat Provinsi dalam lomba nagari berprestasi tahun lalu .

Pencanangan BBGRM itu akan di hadiri pejabat teras Pemprov Sumbar, Ketua TP PKK Sumbar beserta anggota, Bupati dan Walikota, Ketua TP-PKK Kabupaten dan Kota se-Sumatera Barat serta pejabat dan pegawai Pemkab Sijunjung.

‘Selain acara pokok, dalam pencanangan BBGRM dan HKG PKK juga dilakukan berbagai acara tambahan sehingga besok boleh dikatakan masyarakat Kumpar akan Baralek Gadang ‘ kata kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagari (BPMPN) Kabupaten Sijunjung, Medison selaku Ketua Tim Fasilitasi BBGRM.

Acara pokok antara lain penyerahan bendera Pataka Tanda Bhakti Nagari dan Kelurahan Berprestasi Tingkat Sumatra Barat tahun 2012 oleh Gubernur kepada Bupati Sijunjung dan Walikota Padang, ulas Medison

Sedangkan acara tambahan, penyerahan peralatan gotong royong secara simbolis, penyerahan dana BBGRM Kabupaten Sijunjung, dana partisipasif dan dana PNPM Mandiri Pedesaan serta pengucapan ikrar (janji) siswa, peninjauan Stand Pameran serta peresmian dan peninjauan Gedung TK yang dibangun dengan dana PNPM Mandiri Pedesaan

Selain pada hari ‘H’ dalam pra pencanangan BBGRM dan HKG PKK juga dilaksanakan berbagai kegiatan. diantaranya mobil pintar PKK pada sebuah Sekolah Dasar untuk mensimulasikan tata cara memasak ikan.

Kegiatan lain, penyerahan bantuan perabot rumah tangga senilai Rp.7.500.000 untuk rumah yang dibedah, penyerahan 200 ekor ayam, pelayanan dan pendataan Keluarga Berencana (KB), pemutaran film KB, penyiapan penerima bibit dari UPPKS

Kegiatan Pembudayaan K3 dan Taman Mini, Tanaman Toga, Pembinaan Kawasan Tanpa Rokok, Penyuluhan PHBS, Kelinik Periksa Kesehatan dilokasi pencananggan BBGRM serta mobil Klinik Keliling dan Penyuluhan PHBS.