Penguatan Kemampuan Satgas BPBD Gencar Ditingkatkan

Berita Utama HERA ARMAN, ST(Badan Penanggulangan Bencana Daerah) 13 Mei 2015 19:08:09 WIB


wtp uptbnpbsumbarBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat pada Triwulan ke II dalam program kegiatannya, dari awal April 2015 telah gencar meningkatkan kapasitas kemampuan bagi personilnya. Baik itu dari Satgas Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB), Satuan Tim Reaksi Cepat (TRC) hingga petugas yang berada dalam lingkungan BPBD. Menurut Pagar Negara, SH. MM selaku Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, hal ini penting dilaksanakan agar seluruh petugas yang kita miliki ini, mempunyai kemampuan dalam segala hal terutama dalam bidang penanganan disaat bencana. Seperti contoh saat terjadi bencana petugas yang ada selain siap dengan mental akan situasi yang terjadi saat itu juga dapat melakukan tindakan penanganan darurat medis bagi korban yang berada disekitarnya, juga halnya petugas harus mampu menguasai berbagai jenis peralatan yang dimiliki pada saat ini seperti alat pengelolah penjernih air, dapur umum, tenda, berbagai alat komunikasi hingga peralatan medis.

Di bulan April BPBD dikarenakan petugas Pusdalops PB mengalami penambahan jumlah personil, maka perlu dilakukan pelatihan tentang tugas pokok dan fungsi masing-masing, dan di bulan Mei ini telah dua kali melaksanakan kegiatan yaitu di tanggal 11 hingga 12 Mei 2015 pelatihan tentang Penanggulangan Medis Gawat Darurat / PPGD sebagai pelatih dan narasumber berasal dari Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatera Barat dengan perserta sebanyak 40 orang berasal dari Satgas Pusdalops PB dan Relawan yang terlibat di lingkungan UPT BNPB Regional Sumatera Bagian Barat. Padang tanggal 13 Mei 2015 dilaksanakan Bimbingan Teknis Pengopersian Mesin Pengelolaan Air Bersih dengan jumlah peserta 40 orang berasal dari BPBD Kabupaten/ Kota se Sumatera Barat. Pelatihan ini BPBD Provinsi Sumatera Barat bekerjasama dengan pihak AIFDR sebagai pengelola tempat/ gedung UPT BNPB. 

BPBD Provinsi Sumatera Barat juga mendorong bagi BPBD yang berada di kabupaten atau kota untuk melaksanakan hal serupa, karena kondisi alam serta cuaca wilayah Sumatera Barat terutama didaerah rawan, pada saat ini yang mengalami hujan sewaktu-waktu akan berpotensi menimbulkan pergerakan tanah atau tebing dan juga berpotensi terjadinya banjir. Kesiapan dan kemampuan Petugas sangat diperlukan untuk itu.

ppgd12mei2015

R. Pagar Negara, SH. MM kembali mengutarakan, pada bulan-bulan kedepan BPBD akan melakukan kegiatan pelatihan-pelatihan dalam peningkatan kapasitas kemampuan bagi Satgas-Satgasnya dan juga yang dimiliki ditiap daerah. Beliau juga akan mengajukan berbagai kebutuhan yang belum dimiliki dan mendesak diperlukan baik itu logistik maupun peralatan kebencanaan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta dalam bulan ini sebagai pendukung dalam tugas bagi Personil Penanggulangan Bencana. -Salam Tangguh dan Salam Kemanusiaan- (Gst)