DISPORA SUMATERA BARAT GELAR PENDIDIKAN BELA NEGARA

Berita Utama () 24 April 2015 08:08:35 WIB


IMG 4881  PADANG,…Banyak usaha untuk mewujudkan suatu kesatuan pertahanan Negara yang kuat, salah satunya dengan melakukan kegiatan Pendidikan Bela Negara yang dilaksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Provinsi Sumatera Barat melalui Bidang Pemberdayaan Pemuda Seksi Kreatifitas Pemuda yang menggandeng Korem 032/ Wirabraja Sumbar.

Ketua pelaksana Drs. Admondantes menerangkan kegiatan Bela Negara ini dilaksanakan sebanyak dua angkatan, dengan jumlah peserta 80 orang, 40 orang angkatan I dan 40 orang lagi angkatan II yang berasal dari pengurus Osis SLTA Kabupaten dan Kota se- Sumatera Barat.

Untuk angkatan I lanjut Admondantes, digelar dari tanggal 21 sampai 25 April, dan angkatan II di mulai dari tanggal 2 sampai 6 Mei dilaksanakan di Pondok Pemuda Provinsi Sumatera Barat Lubuk Selasih Kabupaten Solok .

IMG 4896

Sedangkan nara sumbernya berasal dari, Dispora Sumbar, Korem 032/ Wirabraja Sumbar, Unsur Perguruan Tinggi, Tokoh Agama, dan Tokoh Pemuda. Untuk metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah melalui pendekatan ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.

“ Kita berharap dari kegiatan ini para peserta dapat memahami tentang arti berbangsa dan bernegara, aspek kewilayahan, NKRI, Sistem Ketahanan Nasional serta tumbuhnya kesadaran pemuda terhadap sikap Bela Negara,’’ terang Admondantes.

Kadispora Sumbar H. Priadi Syukur, SH yang membuka secara resmi kegiatan tersebut pada sambutannya mangatakan , peserta agar mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir, karena kesempatan ini hanya satu kali datangnya, dan tidak semua orang yang mendapat kesempatan menjalani kegiatan ini.

“ pergunakanlah kesempatan ini sebaik mungkin untuk melengkapi ilmu yang tidak di dapati disekolah, karena nara sumber yang didatangkan merupakan orang- orang ahli dibidangny,’’ kata Priadi Syukur.

Sementara Sekretaris Dispora Sumbar Adib Alfikri SE, M.Si yang ditasbih menjadi nara sumber pada kegiatan ini pada inti pelajarannya yang mengangkat tentang kepemimpinan menekankan, bahwa semua orang dilahirkan kedunia ini sebagai pemimpin, bukan menjadi Presiden, Gubernur dan lain- lain,’’ ungkapnya.

Sedangkan tema yang diangkat pada Kegiatan Bela Negara ini yakni “Melalui Pendidikan Bela Negara Kita Bangun Karakter Anak Bangsa, Tumbuh Semangat Persatuan Dan Kesatuan Untuk Menjaga Keutuhan NKRI.( M )