DISPORA SUMBAR AKAN GELAR PEPARPELDA

Berita Utama () 06 April 2015 10:22:39 WIB


IMG 4060  PADANG,…Dinas Pemuda dan OLahraga ( Dispora ) Provinsi Sumatera Barat melalui Bidang Pembudayaan Olahraga Seksi Layanan Khusus akan menggelar Pekan Paralimpic Pelajar Daerah ( PEPARPELDA ) tingkat Provinsi pada tanggal 13 sampai 16 April 2015.

Menurut Kadispora Sumbar melalui ketua pelaksana Kepala Seksi Olahraga Pendidikan Della Handayani, SE, MM Senin 06/ 04/ 2015 menerangkan, kegiatan ini diikuti para atlet Disabilitas , Paralympian utusan Kabupaten dan Kota se- Sumatera Barat yang terdaftar sebagai siswa/ siswi SLB/ PLB atau sekolah umum Inklusi yang dibuktikan dengan, rapor asli dan foto copy rapor dilegalisir oleh kepala sekolah sebanyak tiga rangkap.

Kemudian lanjut Della Handayani, peserta juga membawa akte kelahiran, Ijazah/ STTB asli dan foto copy yang dilegalisir sebanyak tiga lembar seterusnya, umur atlet maksimal 17 Tahun( kelahiran 1 Januari 1998 ), Paralympian (atlet) harus dilengkapi surat keterangan dokter.

Seperti Atlet Tuna Grahita harus membawa surat keterangan dari Psikolog atau Psikiater dan surat keterangan kepala sekolah yang menyatakan IQ< 70.

IMG 4059

Dikatakan juga untuk atlet Tuna Rungu harus membawa surat keterangan dari Dokter THT dan surat keterangan kepala sekolah, dan bagi atlet Tuna Netra harus membawa surat keterangan dari Dokter Mata dan surat keterangan kepala Sekolah yang menyatakan atlet tersebuta Tuna Netra.

Setelah itu atlet, pelatih dan official harus membawa photo berwarna ukuran 3x 4 cm sebanyak 3 buah, setiap kontingen diwajibkan membawa bendera daerah masing- masing, membawa SK kontingen dan surat tugas dari Dinas Kabupaten/ Kota terkait, dan membawa biodata atlet, pelatih dan official dan buku pemain.

Sedangkan untuk pendaftaran kontingen dilakukan pada tanggal 5 sampai 30 Maret, untuk keabsahan peserta dilaksanakan 6 April 2015, dan untuk kuota pada Selasa 7 April 2015 bertempat pada Bidang Pembudayaan Olahraga Seksi Olahraga Layanan Khusus Dispora Sumatera Barat.

Sementara itu penerimaan sekaligus Tes Klasifikasi kecacatan peserta serta Technical Metting akan dilakukan pada tanggal 13 April 2015 di Asrama Haji Tabing Padang, untuk pembukaan akan dimulai pada tanggal 14 April dan penutupan pada tanggal 15 April serta kepulangan peserta pada tanggal 16 April 2015.

“ adapun Ketunaan, Olahraga dan tempat dipertandingkan yakni Tuna Grahita, Tuna Netra dan Tuna Rungu dengan cabang Atletik ( Gor Haji Agus Salim Padang ), Tenis Meja ( Asrama Haji Tabing ), Bulu Tangkis ( PHI Tabing ) serta Renang ( Teratai Gor Haji Agus Salim Padang,’’ terang Della Handayani. ( M/ Y )