Gubernur Launching Nagari Cyber VII Koto Talago

Berita Utama () 16 Maret 2015 11:03:20 WIB


Limapuluh Kota, Kemajuan Teknologi Informasi sesuatu keniscayaan untuk di hindari, akan tetapi perlu disikapi dalam pemanfaatannya guna memajukan kemajuan pembangunan daerah, termasuk nagari-nagari di Sumatera Barat.

Saban hari orang butuh banyak informasi sebagai kebutuhan pokok sehari-hari contoh saja sebuah Hanphone yang selalu dibawa pergi dimanapun berada, selain menerima telepon juga untuk menelpon. Namun Hanphone itu sendiri, saat ini dengan kemajuan perangkatnya terus meningkatkan pelayanan yang membuat kita semakin membutuhkan teknologi informasi.

Kemajuan Informasi Teknologi (IT) sama dengan kondisi kita mempergunakan pisau yang tajam, dalam arti positif kita dapat memanfaatkan untuk memasak dan lain-lain, dalam kondisi negatif juga bisa membunuh.

Begitu juga dengan IT tergantung dari siapa yang memanfaatkannya. Secara positif dia akan memberikan tambahan pengetahuan dan keahlian bagi kita dalam mengembangkan diri. Secara negatif IT dapat mempengaruhi prilaku yang tidak baik jika memanfaatkan pada hal hal yang buruk. Ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno pada saat meresmikan Nagari Cyber VII Koto Talago Kabupaten Lima Puluh Kota di SMKN 2 Guguak Ampang Gadang, Minggu siang (15/3) kemaren.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Alis Marajo, Ketua Kopertis X Prof. Ganefri, Kadis Perhubungan dan Kominfo Ir. Amran, MM Kadis Peternakan, Ir. Erinaldi, MM, Kadis Sosial Abdul Gafar,SE,MM, Kabiro Perekonomian Wadarismen, SE, MM, Tokoh Masyarakat dan utusan Axioo di SMKN 2 Guguak.

Lebih lanjut Gubernur mengajak orang tua harus berperan terhadap anak dalam memanfaatkan IT secara baik. Disamping itu perlu dilakukan dan panambahan pada generasi muda modal iman dan taqwa yang kuat. Jika Iman dan Taqwa telah ada dalam diri seseorang ia akan mampu memanfaatkan IT sebagai kemajuan yang bermanfaat dalam peningkatan  pembangunan, ujarnya.

 

Irwan Prayitno juga menyampaikan, pada 30 tahun yang lalu, kita belum kenal HP dan IT, sehingga kita selalu terikat dengan kondisi alam yang terbatas dalam pembangunan daerah.

 

Sekarang, dengan kemajuan IT (Dunia Maya) dan Hp, kita dapat memantau segala hal baik dalam keluarga maupun kerja kawan-kawan di kantor mencek sampai dimana pekerjaan yang telah dilakukan.

Untuk itu atas nama pemerintah provinsi Sumatera Bara menyampaikan apresiasi yang tinggi atas inovasi Nagari Cyber yang saat ini pemprov masih dalam perencanaan, sementara Nagari VII Koto Talago telah memulai terlebih dahulu..! Selamat, semoga ini menjadi inspirasi bagi banyak orang terutama nagari-nagari di Sumatera Barat.

 

Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Provinsi Sumatera Barat agar menetapkan Nagari VII Koto Talago sebagai pilot Proyek Nagari Cyber di Sumatera Barat, ucapnya.

 

Bupati Limapuluh Kota Alis Marajo dalam kesempatan itu menyampaikan, keberadaan Nagari Cyber ini merupakan pengembangan dari pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sesuai dengan aturan permendagri tentang perlu setiap nagari/desa membentuk Kelompok Informasi Masyarakat dalam upaya menumbuhkan peran serta masyarakat dalam pembangunan di nagari.

 

Pengembangan nagari cyber tentu akan mampu memberikan kemudahan dalam akses IT guna memacu pembangunan baik sektor pendidikan, perekonomian maupun pembangunan pada sektor infrastruktur guna mensejahteraan kehidupan masyarakat, ajaknya.

( Humas Sumbar )